Gunung Andong, Ramah untuk Pemula

Acara naik gunung Andong ini sudah lama sebenarnya, sudah bertahun lalu bareng anak-anak Solo Science Centre. Pertama banget acara ke gunung bersama kawan. Kita tidak membawa banyak perlengkapan.

Ke Gunung Andong kita berangkat sore dari Solo. Sampai basecamp malam hari lanjut naik sekitar jam 2 pagi. Jalan yang dilewati tergolong mudah bahkan untuk malam hari. Sampai di puncak sebelum subuh. Ada penjual makanan dan minuman di puncak. Jadi sembari menunggu matahari terbit bisa ngopi, makan gorengan atau makan pecel. Pemandangan matahari terbitnya bagus.. perlahan langit berubah warna dari gelap, menjadi tembaga, kuning, dan semesta menjadi terang benderang. Selain itu terlihat beberapa puncak gunung yang hits, ada Merapi, Sindoro, Sumbing dan Telomoyo. Lama-lama panas juga. Naik gunung Andong lebih enak malam hari menurutku. Ada tiga pos yang bisa digunakan untuk istirahat.







Waktu yang dibutuhkan untuk turun sangat singkat, sekitar satu jam saja. Setelah sampai basecamp kita sarapan. Banyak yang menjual makanan.

Naik Andong ini simple banget. Tidak perlu membawa banyak bekal dan peralatan kalau langsung turun tanpa camping.



No comments:

Post a Comment