Belajar Proses Roasting Kopi Pakai Peralatan Canggih di Maison Daruma Roastery



 Kali pertama pergi ke Maison Daruma Roastery. Nama yang terasa gak asing lagi. Mengingatkan pada boneka khas Jepang yang udah hits banget. Boneka daruma yang gak bisa jatuh. Mungkin, pemilik cafe ini ingin Maison Daruma Roastery bisa tetap bangkit lagi ketika jatuh. Kalau Maison artinya rumah. Jadi Maison Daruma Roastery adalah rumah bagi boneka-boneka Daruma.

Heya… 

Maison Daruma Roastery terletak di jalan Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Mudah ditemukan kok, ada di Maps juga. Sebelum berganti nama jadi Maison Daruma Roastery, tempat ini dulunya bernama Coffee Roastery Blue Menoreh.

Dilihat dari bagian depan, Maison Daruma Roastery tampak seperti cafe biasa. Bangunannya dipenuhi dengan furniture kayu ala bangunan Jepang tradisonal. Bagian luar ada tempat untuk bersantai dan area bebas untuk merokok.

Bagian dalam yang lebih dingin jadi area bebas rokok. Kamu bisa menemukan banyak boneka Daruma berwarna merah di dalam. Juga para barista yang cakap meracik kopi pesananmu. Mereka ramah banget.

 
Cafe Maison Daruma Roastery

Masuk lagi ke bagian belakang nih, adalah tempat yang gak dimiliki sembarang cafe di Jogja. Ada karung-karung coklat berisi biji kopi, timbangan, ember-ember besar dan tentunya perlengkapan roasting yang canggih. Canggih banget malah, gak ada duanya di Jogja.

Mesin Sortir berdasarkan warna

Kami berkesempatan lihat langsung proses roasting kopi. Sekaligus mendapatkan pencerahan tentang setiap proses yang dilakukan. Buat aku yang awam ini, rasanya seneng banget. Baru pertama lihat proses roasting hingga beneran jadi biji kopi siap seduh.

Di Maison Daruma Roastery ini ada tiga mesin utama. Dua mesin sortir dari Jepang merk Satake dan satu mesin Roasting dari Italy merk Buhler. Mesin sortir Satake ini bisa memisahkan biji kopi dengan pengotor seperti batu, logam, dan benda-benda kecil lainnya. Mesin satunya untuk sortir biji kopi yang udah di roasting. Caranya dengan memindai setiap biji kopi dari warnanya.

Mesin Sortir Satake

Gak perlu lagi milih secara manual. Bisa bikin mata lelah letih lesu. Pakai mesin sortir Satake aja tinggal dimasukin trus nunggu biji kopinya keluar dari mesin.

Keren kan?

Paling keren itu alat buat roastingnya. Mesin bernama Buhler ini udah canggih banget. Serba otomatis deh. Tingga cek layar dan proses roasting akan berjalan dengan sendirinya. Mesin ini memberikan semua fasilitas unggulan untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi di Maison Daruma Roastery.

Mesin Roasting di Maison Daruma Roastery

Sekali roasting bisa mencapai 20 Kg dengan jangka waktu 5-10 menit. Berikut ini keunggulan mesin Buhler di Maison Daruma Roastery Coffee and Roastery:

Bahan mesin berkualitas

Mesin ini terbuat dari stainless steel dan bahan berkualitas tinggi lainnya yang memberikan hasil yang bersih.

Kontrol mesin layar sentuh

Semua proses yang akan dijalankan oleh mesin Buhler milik Daruma Roastery ini bisa dipantau lewat layar sentuh. Praktis banget gak usah seting secara manual. Tinggal klik aja deh.

Bisa simpan data

Proses roasting berhubungan dengan waktu, suhu, dan masih banyak lagi. Setiap orang bisa punya cara roasting yang beda. Kalau kamu udah sering roasting di sini, data atau resep roastingmu bisa disimpan. Tinggal klik kalau kamu datang lagi.

Sistem kontrol PLC yang inovatif dan mudah digunakan

Sistem ini memastikan kualitas konstan selama produksi. Jadi kalau udah dijalankan semua akan berjalan secara otomatis. Tapi misalnya ada yang mau diganti bisa diubah juga kok. Misalnya tiba-tiba mau ganti suhu yang digunakan. Tinggal bilang aja, bisa diganti.

Hasil yang seragam

Kipas pendingin dan mesin pemanas yang terpisah bisa bikin biji kopi yang diroasting seragam. Karena perpindahan panas yang homogen.

Bebas asap

Ada alat buat menyedot asap hasil roasting kopinya.
Deteksi kerusakan otomatis

Kalau ada bagian mesin yang rusak atau gak berjalan semestinya, nanti mesinnya bakal kasih kode. Eh.. kasih tahu. Jadi gak perlu bingung nyari di mana bagian yang rusak atau eror.

Maison Daruma Roastery

Siapa aja boleh roasting biji kopi di Maison Daruma Roastery ini. Dengan ketentuan:

Minimal roasting 7-10 Kg
Bisa membawa green bean sendiri. Tapi dengan harga yang sama dibandingkan dengan menggunakan green bean dari Maison Daruma Roastery. Tarif 20.000/Kg
Info lengkapnya bisa kirim email ke legendabumijogja@gmail.com dengan no telpon (0274) 5013925

No comments:

Post a Comment