Tips Wawancara Artis Pas Acara Konser Musik

Wawancara artis yang pertama banget kulakukan itu pas acara Batik Music Festival 2019. Acara ini digelar di Kawasan Candi Prambanan. Promotornya dari Rajawali. Pokoknya kalau acara dari Rajawali, media bakal dapet fasilitas yang oke punya. Ada lounge khusus media dengan berbagai macam snack, makan berat, minum dan kopi.


Ngopi di media lounge

Sebelumnya, pas liputan Prambanan Jazz harusnya aku juga wawancara artisnya. Tapi waktu itu masih cupu. Temenku liputan,yang berugas ambil foto juga belum paham. Kalau ada fasilitas media lounge dan bisa wawancara.

Prambanan Jazz 2019

Nah biar gak cupu, ini tips buat kalian yang baru pertama pake banget liputan acara konser dan harus wawancara.

Pastikan kamu udah registrasi


Jelas lah ya, sebelum masuk ya emang kudu registrasi. Biar dapet Id Card. Bisa dilihat tuh fasilitas yang tertera di Id Card media atau pers yang kamu dapet. Bisa masuk ke mana aja.

Cari media lounge


Kalau acara besar, bakal ada fasilitas lengkap buat media. Bisa beda-beda tergantung jenis acaranya. Dapet makan, minum, snack, atau kaos aja. Beda-beda pokoknya. Paling penting adalah, biasanya di sini pihak panitia ngedata siapa aja yang mau wawancara dan mau wawancara artis yang mana.

Biasanya ada sesi wawancara dan sesi foto. Kalau wawancara bisa masuk ke ruang tunggu masing-masing artis. Kalau sesi foto bisa dapet sesi khusus buat ambil foto di depan panggung. Kalau konser artis luar negeri atau yang hits gitu biasanya waktu ambil foto dari dekat cuma 10 menit di awal aja. Selain itu biar gambarnya bagus dan fokus ya harus bawa tele.

Cari tahu artisnya


Wawancara di Batik Music Fes 2019

Sebelum wawancara pastikan kamu tahu siapa aja yang bakal tampil. Juga udah bikin draft atau menentukan lead beritanya. Karena bisa aja kamu gak ada kesempatan buat wawancara semua artisnya. Apalagi kalau Cuma liputan sendiri. Harus bagi waktu antara ambil foto dan wawancara.
Sibuk deh kalau liputan. Jangan dikira bisa santuy menikmati musik gratis. Kerja woey! Hahay….

Grogi gak apa, tapi PD

Batik Music Fes 2019

Karena kamu datang sebagai media yang akan menulis berita, kamu harus PD aja. Dulu pas awal-awal wawancara aku gak paham mau tanya apa. Ngikut dulu deh sama yang senior. Eh, tahunya Mas Marchel dan Rio Febrian baik dan ramah. Sampek Marchel narik kursi buat media loh.

Tapi ya artis mah beda-beda. Ada yang baik, jutek, sangar, macem-macem. PD aja dan kuat mental. Kadang juga di tengah mepetnya waktu gak sempet nanya. Udah diberondong pertanyaan sama wartawan yang senior. Biasanya wawancara artis ini 10-15 aja kok. Terus ambil foto.

Full Baterai tapi free memory


Aku gak punya kamera dan gak punya alat perekam suara. Semua pakai HP (untuk foto ada bagiannya sendiri soalnya). Jadi harus persiapan gak boleh low bat sebelum selesai liputan. Nanti sibuk foto-foto sama bikin video buat medsos, eh begitu wawancara low bat dan memori full. Duh, jangan deh. Aku pakai hp buat rekam suara dan ambil video wawancara.

Yah, gitulah sedikit cerita buat kamu yang bakal liputan pertama kalinya. Semangat ya! Langsung tulis beritanya. Kelamaan basi tahu.

Joga Rockarta 2019


Liputan itu energinya banyak. Udah dateng ke acara harus cepet bikin news pula.


No comments:

Post a Comment