Showing posts with label review. Show all posts
Showing posts with label review. Show all posts

Pada hari Selasa Wage, 7 Maret 1989 atau 29 Rajab 1921, KGPH Mangkubumi dinobatkan sebagai Raja ke-10 Keraton Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono X. Selanjutnya, tanggal 7 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Tingalan Jumenengan Dalem.

Tingalan Jumenengan Dalem 2020 ini adalah ulang tahun yang ke-32 dalam hitungan Tahun Jawa dan 31 tahun dalam hitungan Masehi. Jadi ada perbedaan dalam hal penanggalan.  Peringatan Tingalan Jumenengan Dalem tahun ini masuk dalam kategori Tumbuk Ageng. Sejak tahun lalu ada dua agenda besar yang diselenggarakan Kerato Yogyakarta.

Workshop Puthutan


Selain kegiatan Hajad Dalem mulai tahun 2019, Keraton Yogyakarta juga menggelar kegiatan Simposium Internasional dan Pameran Budaya Jawa dalam rangka Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.  Beruntung, saya bisa menghadiri salah satu worshop yang diadakan Keraton.

Sabtu, 14 Maret 2020 Keraton Yogakarta mengadakan workshop Pututhan. Peserta workshop adalah masyarakat umum yang datang dari berbagai latar belakang. Acara ini dilaksanakan di Balebang yang masih ada di dalam kompleks Bangsal Pagelaran. Masuk ke dalam agenda Pameran Budaya yang diselenggarakan di tempat yang sama.

Pututhan adalah busana adat yang digunakan ketika acara sunatan. Baik oleh Putra Raja, keluarga Keraton maupun masyarakat umum yang ingin memakainya. Kain dan aksesoris tertentu hanya boleh dikenakan oleh Putra Sultan. Melalui worksop ini peserta tidak hanya mengulik bagaimana busana ketika acara khitan, tapi juga apa perbedaannya dengan yang boleh dikenakan masyarakat umum. Ada bedanya, tentu saja.

Busana adat pututhan atau khitan yang dipraktekkan langsung saat workshop adalah busana untuk Putra Raja. Tata cara memakai busana tersebut dan makna-maknanya dijelaskan oleh Nyai Raras dan Nyai Ndari. Pada awalnya busana pututhan ini dikenakan oleh putro dan wayah ndalem yang akan melangsungkan acara sunatan. Biasanya usianya 7-8 tahun. Tapi dalam perkembangan selanjutnya juga dikenakan oleh kerabat Sultan.

Ada beberapa rangkaian acara yang harus dilakukan ketika pututhan. Mulai dari siraman, sungkeman, gres, dan resepsi. Meskipun terkesan ribet di jaman sekarang dan banyak atribut yang harus dilaksanakan, melestarikan budaya adalah kewajiban.

“Tradisi bukan sebuah pemaksaan, tapi kewajiban sosial,” ungkap Nyai Ndari.

Setelah menjelaskan prosesi pututhan, selanjutnya dijelaskan apa saja busana dan aksesoris yang harus dikenakan. Juga bagaimana urutan pemakaiannya. Sembari dijelaskan, Nyai Ndari dan Nyai Raras mempraktekkan langsung tata caranya. Beliau juga menjelaskan kadang dalam upacara adat aka nada perbedaan corak batik dan warna kain. Hal ini tergantung pada keinginan Raja atau putra-putri raja yang sedang hajatan.

Perlengkapan busana yang harus ada adalah putut (topi), rompi, nyamping praos atau prada untuk Putra Raja dan nyamping biasa untuk umum, lonthong, boro, kamus dan timang, kalung sungsun 3, gelang binggel, rante dan karset (khusus untuk Putra Raja) dan bros. Jadi ada dua pembeda piranti busana khusus Putra Raja adalah kain nyamping dan rante karset.

Untuk kain nyamping anak Raja menggunakan kain praos atau prada. Yaitu kain batik yang dihias dengan benang perak atau emas. Jadi mirip batik songket yang ada kemilaunya begitu. Untuk motif batik, bagi masyarakat umum juga tidak boleh menggunakan motif batik larangan, misalnya Parang. Rante dan karset juga hanya boleh digunakan oleh Putra Raja. Dikenakan pada bagian depan pakaian.

Pututhan sendiri diambil dari nama topi yang digunakan. Topi yang bernama puthut itu ternyata memiliki makna filosofis yang dalam. Putut dalam dunia pewayangan digunakan oleh cantrik dan pertapa. Maknanya adalah pendekatan kepada Tuhan. Bisa juga diartikan sebagai pengembangan dari surban.

Puthutan Anak Raja

Acara puthutan bukan hanya sekadanr gerbang menuju kedewasaan bagi anak-anak. Tapi juga secara filosofis selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk model puthut dan rompi, juga warnanya bisa berbeda pada setiap generasi Raja. Hal ini tergantung pada kebijakan model busana oleh Raja yang Jumeneng. Makna lain adalah untuk berdoa bersama. Doa dari banyak orang diharapkan akan lebih kuat daripada hanya satu atau dua orang.

 “Upacara tradisi adalah cara untuk menghimpun doa. Semua yang datang akan turut mendoakan. Itulah salah satu maknanya,” ungkap Nyai raras.

Jadi dalam tradisi, ternyata menyimpan beragam kebijaksanaan dan kebaikan. Bukan hanya sekadar melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh generasi sebelumnya. Meskipun adat puthutan lengkap sudah jarang digunakan oleh masyarakat bahkan di dalam lingkungan Keraton, kita memang sebaiknya tahu. Agar bisa meneruskan tradisi.

Masyarakat boleh mengadopsi busana Puthutan ini. Tidak masalah jika memang belum bisa lengkap. Tapi paling penting adalah tidak menggunakan pakaian dan aksesoris yang hanya boleh digunakan oleh anak Raja. Memang tidak ada hukuman jika ada yang melakukan. Tapi lebih kepada sanksi sosial.


Tanggal 8 hingga 9 Februari 2020, Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dan PLUT Yogyakarta mengadakan Pasar Rakyat. Bertempat di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman. Banyak stand berwarna kuning yang mengisi bazar Pesta Rakyat. Stand-stand ini disediakan gratis untuk UMKM yang ada di Jogja.

Beragam produk dipamerkan dalam acara Pasar Rakyat ini. Ada kerajinan, batik, ecoprint, aksesoris, aneka jamu dan olahan Aloe vera, jambu kristal, bawang hitam, olahan ikan, dan aneka kuliner lainnya. Ada banyak pokoknya.

Biar acaranya semakin meriah, namanya kan Pesta Rakyat tuh, disediakan panggung besar di samping area bazar. Ada senam massal agar warga Jogja semakin sehat, organ tunggal, dan pertunjukkan kesenian tradisional. Ada lombanya juga loh buat para blogger dan fotografer. Total hadiahnya mencapai Rp 12 juta rupiah.

Nah, untuk kamu yang belum berkesempatan datang atau tertarik mengikuti lomba blog dan lomba foto bisa deh follow akun Instagram @plutjogja dan @diskopukm.diy. Aktifkan notifikasi dari kedua akun tersebut. Supaya, kalau ada bazar dan acara seru lagi kamu bisa langsung tahu.

Acara Pesta Rakyat ini digelar atas kerjasama Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM). Bagi yang belum tahu, PLUT-KUMKM itu apa sih?

PLUT-KUMKM merupakan program dari Kementrian Koperasi dan UKM. Fungsinya untuk menyediakan fasilitas non-finansial untuk koperasi serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya membuat bazar UMKM yang bertema Pesta Rakyat di alun-alun Sawendanan ini.

PLUT-KUMKM hadir untuk membantu memberikan beragam pelatihan, meningkatkan kinerja produksi dan pemasaran, meningkatkan kapasitas kewirausahaan, pendampingan, dan beragam kegiatan lainnya untuk meningkatkan daya saing UMKM. Bisa juga konsultasi melalui aplikasi CIS SMEsCO yang bisa di dowload di Play Store.


Dari banyaknya stand yang ada di area bazar, aku sempat berbincang dengan tiga peserta pengisi stand. Ada produk makanan, kerajinan tangan, terakhir ada batik dan ecoprint.

Produk dari KWT Maju Jaya
Kartu Nama Luve Garden dari KWT Maju Jaya
Stand pertama menjual beragam minuman sehat dan produk herbal dari Kelompk Wanita Tani (KWT) Maju Jaya, Dusun Maredan, Sendangtirto, Berbah Sleman. Ada banyak sekali produk dari ibu-ibu KWT Maju Jaya ini. Sangat produktif dan inovatif deh.

Kebanyakan produknya adalah minuman, jamu herbal dan rempah-rempah untuk bumbu masak. Dari produk minuman ada aneka jus, jamu serta olahan Aloe Vera rasa strawberry dan Lecy. Untuk produk jamu herbal instan ada jahe, jahe merah, kunir putih mangga, sari rapet, secang, kunyit asam, dan kelor. Produk instan ini bisa langsung diseduh. Ada pilihan bungkus kecil atau botol dengan isi lebih banyak.

Jamu Instan KWT Maju Jaya


Produk Minuman KWT Maju Jaya

Ada juga produk rempah seperti lada, kapulaga, star anise, pala, hingga bumbu masakan. Stand KWT Maju Jaya juga menjual garam vulkanik dan kapsul kelor. Sangat beragam kan produknya? Hebatnya lagi, kecuali garam vulkanik, semua bahan yang digunakan ditanam sendiri lalu diolah oleh ibu-ibu anggota KWT Maju Jaya.

Bu Sasmito, yang sedang menjaga stand menceritakan beliau menanam Aloe vera dan bertanggung jawab dengan pengemasan. Beliau juga menanam jamunya, lalu dibuat oleh ibu-ibu yang lain. Ada juga produk hasil kerjasama dengan pihak lain ketika KWT Maju Jaya tidak memiliki bahan bakunya sendiri.

"Kalau belum bisa kita bekerjasama dengan KWT yang lain, di CV Sentosa, saya hanya sebagai pengemas saja," ungkap Bu Sasmito.

“Sudah lima tahun berjalan. Alhamdulillah lancar, kesulitannya kalau pesanan itu kadang-kadang produknya kurang. Karena yang bikin hanya satu sub unit. Kadang-kadang ibu-ibu kan pas repot, jemput anaknya, ada acara keluarga, kan jadi repot. Kalau pemasaran lancar. Ini kita dari Aspartan Asosiasi Pasar Tani di Dinas Pertanian,” lanjut beliau.

"Ada bimbingan dan pelatihan. PIRT dibantu Dinas Pertanian, HAKI dapat bantuan dari Dinas Perekonomian Sleman. Ada binaan juga dari  Dinas Perindustrian dan Dinas Pertanian ke desa kami," kata Ibu Sasmito. Selama ini produk yang dibuat oleh KWT Maju Jaya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Lanjut ke Stand ke dua dengan Mbak Garrit yang ramah dan baik banget. Beliau memulai usaha kerajinan sejak tahun 2012. Awalnya hanya iseng membuat atas pesanan teman.

Mbak Garrit pemilik Kekok Craft

"Susah berkembang awalnya. Susahnya semua dibuat sendiri, sehari paling bisa lima. Desain sendiri terus buat sendiri. Dijual online," kata mbak Garrit.

"Kesulitan lain, kerajinan itu di Indonesia masih dihargai murah. Kalau di luar negeri jauh lebih mahal. Mau jual ke luar negeri repot jualannya, harus ada kartu kredit dan lain sebagainya," lanjut beliau.

Kerajinan Kekok Craft mulai dari Rp 30 ribu













Kalung dari Kekok Craft

"Baru bisa berkembang ketika ikut paguyuban UMKM. Terus ada link ke pameran, link pelatihan. Gimana branding yang bener, iklannya yang bener kayak gimana, foto produk yang menarik gimana. Dari Dinas biasanya gratis, kalau yang lainnya kan mahal," lanjutnya.

Bagi mbak Garrit, pemasaran online sangat membantu untuk bisnis kerajinan. Karena bukan produk primer yang dibutuhkan setiap hari.  Kalau kamu mau lihat-lihat koleksi produk mbak Garrit bisa kepo ke Instagram @kekok_craft. Kamu juga bisa belajar gratis dan menjual hasil karyamu bekerjasama dengan Kekok Craft. Dilatih gratis sama mbak Garrit sampai bisa . Caranya tinggal janjian saja dengan beliau.

Kartu Nama Kekok Craft

Asyik kan, bisnis buat kamu yang punya waktu luang, tertarik bisnis kerajinan, dan pengen punya penghasilan tambahan. Mbak Garrit ini dulunya jurusan Biologi loh, tapi karena memang suka dan tekun hobinya jadi pekerjaan sekarang.

Stand terakhir yang aku kunjungi adalah poduk fashion. Kedai Batik Bantul namanya. Produknya pertamanya ada batik dan sekarang membuat ecoprint. Semua produknya menggunakan pewarna alam. Tidak hanya kain, jilbab dan baju. Ada juga sepatu, tas, dompet dan topi. Harganya mulai Rp 50 ribu untuk jilbab, Rp 500 ribu untuk kain, dan Rp 350 ribu untuk sepatu kulit.

Stand Kedai Batik Bantul

Kartu Nama Keai Batik Bantul


“Untuk produk ecoprint sudah berjalan selama 3 tahuan, kalau batiknya sudah lama sekali. Bikin ecoprint karena bagus,” kata Bu Tyas yang sedang menunggu stand. Produk-produk Kedai Batik Bantul dibuat oleh kelompok ibu-ibu pengajian. Produksi dibuat di rumah masing-masing tapi ada show room di depan Polsek Bantul, Jalan Adi Sucipto no 24.

“Kain dan produk ecoprint itu warnanya tahan lama, tidak mudah pudar,” ungkap Bu Tyas. Jadi kamu tidak perlu ragu membeli produk ecoprint dengan pewarna alam karena takut cepat pudar.

“Kesulitannya kalau pesanan banyak gitu gak bisa sama kalau ecoprint,” kata Bu Tyas.

Tas Ecoprint



Sepatu Kulit Ecoprint

“Ada pendampingan dan pelatihan dari pemerintah. Banyak yang ikut program dan pelatihan,” lanjutnya. Jadi bagi Bu Tyas dan kelompoknya, pelatihan memang memberikan manfaat yang besar. Apalagi yang gratis dari pemerintah dan Dinas terkait.





Kalau kamu mau latihan membuat ecoprint dan membawa pulang hasil karyamu, bisa banget ikut platihan. Sendiri juga bisa tapi janjian dulu. Mulai dari Rp 375 ribu.

Baju Ecoprint
Jilbab Ecoprint

Dari ketiga pelaku UMKM tersebut, kita jadi tahu ternyata memang pendampingan dan pelatihan dari Dinas dan Pemerintah itu penting sekali. Dirasakan manfaatnya bagi pelaku UMKM. Jadi tahu tentang branding, pemasaran, membuat proposal, ikut bazar dan hal-hal penting lainnya untuk memajukan usaha. Selain itu pelaku UMKM juga harus aktif dan memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Dari semua yang aku temui, ketiganya memang semangat sekali untuk belajar. Di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga.

Pasar Rakyat juga sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada UMKM. Menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan produk lokal UMKM yang ada di Jogja. Kalau ada bazar produk UMKM lagi datang ya teman-teman. Kita juga harus turut mendukung dan bangga dengan produk lokal.




x
Nyanyian Akar Rumput adalah film dokumentasi berdurasi panjang tapi tidak membosankan. Bagian demi bagian tersambung dengan apik. Berbalut dengan lagu Merah Bercerita.

Kisah-kisah masa lalu, seperti masa kecil Fitri Nganthi Wani dan Fajar Merah muncul di sela-sela cerita dari anggota keluarga dan anggota Merah Bercerita.

Hingga kini, Merah Bercerita dan segenap keluarga Wiji Thukul, terus berjuang. Meski lelah tapi tidak pernah berhenti berharap.

Nyanyian akar Rumput
Poster Film Nyanyian Akar Rumput

Nyanyian Akar Rumput adalah film dokumenter Indonesia. Dibuat pada tahun 2018 dan disutradarai oleh Yuda Kurniawan. Film ini mengambil judul dari salah satu puisi Wiji Thukul yang dibuat di tahun 1988.

Wiji Thukul sendiri adalah seorang sastrawan dan aktivis HAM yang dihilangkan oleh rezim pada tahun 1998. Bersama belasan aktivis yang hilang.

Film ini cocok menjadi media mengenal sejarah perjuangan HAM dan orde baru. Bagi anak muda masa kini. Agar paham bahwa kebebasan saat ini biayanya sangat mahal. Bahkan ada luka yang masih menganga dari keluarga orang yang hilang tak tentu rimba.

Sang sutradara, Yuda Kurnawan dan Fajar bertemu pada tahun 2013  dalam acara Asean Literary Festival di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Proses pembuatan film ini cukup panjang dari 2014-2018. Dari setiap bagian film, terlihat kesabaran dan keseriusan Yuda mengikuti kehidupan Fajar Merah dan keluarganya.

Tokoh utama dalam film ini memang adalah Fajar Merah. Fajar yang tidak mengenal sosok ayahnya, sempat kehilangan arah dan tenggelam dalam amarah.

Kakaknya, Fitri, bercerita dalam film tersebut bahwa Fajar yang msaih belia sempat menyakiti dirinya sendiri dengan menyayat tangannya. Juga menuliskan semua pikirannya tentang Wiji Thukul di tembok.

Fajar Merah yang meganggap bahwa tidak ada peran bapak dalam hidupnya justru selalu disangkut-pautkan dengan Wiji. Betapa hebat bapaknya itu.

"Sangat menyakiti, hanya dua tahun bersama tidak ada ingatan," ungkap Fitri dalam film Nyanyian Akar Rumput.

"Bapak tidak punya peranan dalam kehidupan Fajar," lanjut Fitri.

Fitri juga bercerita bahwa Ibunya pun sempat depresi dan tidak bisa fokus megurusi keluarga.

Dalam film ini memang banyak diceritakan bagaimana kesedihan dari anggota keluarga yang ditinggalkan. Hingga sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Tapi di tengah ksedihan dan kecewa itu, mereka masih berharap. Masih bertahan untuk berjuang dan mencari kebenaran.

Merah Bercerita
Lirik Lagu Kebenaran Akan Selalu Hidup Merah Bercerita

Merah Bercerita adalah band yang dibentuk Fajar dengan teman-temannya. Menggunakan alat dan studi sederhana mereka terus berkarya hingga kini.

Band ini mendapatkan support sepenuhnya dari keluarga Fajar. Bahkan anggota bandnya juga merasa, Merah Bercerita dengan kaluarga Fajar Merah adalah keluarga dan rumah kedua.

Ketika terjun di dunia musik, Fajar Merah merasa telah menemukan dunianya. Dari sinilah proses memahami sang Ayah dimulai.

"Menemukan dunia musik, mencari jatidirinya di dunia itu," ungkap Fitri.

"orang yang dia kagumi, mengagumi bapaknya. Akhirnya mencari tahu soal bapaknya. Tidak keberatan lagi menyebut nama Wiji Thukul," lanjut Fitri.

Bersama band Merah Bercerita yang terbentuk tahun 2010 serta dengan dukungan keluarganya, Fajar Merah mulai menbuat lagu dari puisi-puisi sang Ayah.

Dia ingin terus menyuarakan puisi-puisi sang Ayah. Sebagai bahan introspeksi dan untuk dibagikan kepada banyak orang.

"Bahwasanya Wiji Thukul ini seorang penyair yang dihilangkan pemerintah karena dia menulis pisi itu," kata Fajar

"Dia adalah pribadi yang, seorang sevivor yang hebat. Dalam arti, pada waktu sebelum dia menjadi seperti ini dia adalah orang yang tidak suka disangkutpautkan dengan bapak. Merasa terganggu dan membuang waktu disangkutpautkan dengan bapak," kata Fitri.

Sipon, ibu Fajar dan Fitri mengatakan kalau lagu yang dibuat Fajar, meski dari puisi Wiji, tetap ada yang berbeda.

Lagu-lagu yang dibawakan Fajar ada segi romantisnya, bukan hanya menggambarkan perlawanan. Di dalm film juga ada bagian Merah Bercerita akhirnya membuat album untuk lagu-lagu mereka.

Menonton film ini sungguh menguras emosi, tapi hasilnya bukan membenci. Justru harapan baru untuk keadilan dan semangat untuk ikut serta menceritakan.

Kisah-kisah orang yang berjuang di kala 98 itu. Semoga segera ada kejelasan.

Film soal detektif, mata-mata dan agen rahasia agaknya udah bisa ditebak. Jalan cerita yang dipenuhi aksi dan peralatan canggih. Kalau gak ada yang fresh dan beda, bakal jadi film yang biasa-biasa aja.

Tapi film Spies In Disguise emang beda. Film yang bisa ditonton semua usia ini memadukan antara Lance Sterling (Will) agen Amerika Serikat yang sangat individualis dengan Walter. Anak jenius yang punya cita-cita membuat senjata yang tidak berbahaya. Bayangkan agen rahasia tanpa bom dan pistol.



Mereka berdua bisa dibilang sangat bertolak belakang. Lance menginginkan senjata yang bisa membunuh atau setidaknya ampuh untuk menaklukkan musuh-musuhnya. Walter ingin membuat senjata yang bahkan tidak menyebabkan luka apalagi kematian. Aku paling suka bom glitter dengan foto kucingnya. Alih-alih bom yang bikin luka-luka, justru bom ala Walter bisa bikin bahagia. Glitter dan kucing mengalirkan endorfin!

Film ini dibuka dengan kisah Walter kecil. Seperti kebanyakan anak jenius lainnya. Walter kecil dianggap aneh oleh teman dan orang-orang disekitarnya. Dia tidak menyukai sekolah dan merasa tidak dipahami. Tapi ada sosok ibu yang selalu mendukung Walter. Kelihatan banget bahwa peran orang tua seharusnya mendukung seorang anak. Bagaimanapun keadaannya. Bukan menyuruhnya mengikuti keinginan masyarakat. Tapi menjadi pendukung utama apapun kelebihan dan kekurangan anak.

Yak, Ibu Water adalah seorang polisi panutan dan orang tua teladan. Teriakan orang tua yang meminta anaknya menjadi lebih sempurna dan istimewa itu.. bikin lelah. Iya kan, kamu yang suka dibanding-bandingkan?

Kisah hidup Walter berkembang dan akhirnya dia menjadi salah satu pembuat gadget untuk para agen rahasia. Hingga terbangun konflik antara dia dan Lance. Akhirnya Walter dipecat dari pekerjaannya.

Disisi lain, Lance yang dijebak akhirnya datang pada Walter. Konflik demi konflik terus bermunculan. Diselingi dengan komedi yang bisa membuat penonton tertawa. Di tengah adegan-adegan menegangkan terselip adegan lucu yang sangat menghibur.

Petualangan Lance yang berubah menjadi merpati bersama Walter membuat keduanya meleburkan ego masing-masing. Lance akhirnya menjadi lebih lembut dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Walter juga bisa mewujudkan mimpinya dan menciptakan gadget tanpa kekerasan.

Bagi Lance, melawan api adalah dengan api. Tapi bagi Walter, jika api dilawan dengan api bisa menyebabkan kebakaran yang lebih hebat. Walter ingin mengubah cara agen rahasia menjalankan misi. Menggunakan gadget dan peralatan yang tidak berbahaya.

Musuh utama dalam film Spies in Disguis ini juga motivsinya balas dendam karena semua rekannya dibantai oleh Lance.

Film keluarga ini masih mengandung beberapa adegan pria telanjang dan kekerasan. Jadi kalau mengajak anak-anak perlu diawasi dan siapkan jawaban untuk kemungkinan pertanyaan yang mereka lontarkan. Misalnya kenapa manusia bisa berubah jadi merpati? Penjelasan singkat Walter tentang DNA dan sebagainya pasti bikin bingung anak-anak dan orang awam. Juga pertanyaan seputar kekerasan dan penggunaan senjata.

Menurutku bagian yang kurang dari film ini adalah aksi Lance ketika menjadi merpati. Aku menunggu Lance dalam bentuk merpati bisa terbang, melakukan hal-hal cerdik layaknya yang dikatakan Walter. Tapi ternyata tidak. Lance bahkan bisa terbang baru di akhir film. Meski banyak juga adegan lucu saat dia menjadi merpati bersama dengan teman-teman merpatinya.

Kalau dibandingkan dengan film ciptaan Blue Sky Studios lainnya (Ice Age dll) animasi film Spies in Disguis tergolong biasa aja sih. Tapi sosok Lance ini mirip banget dan bisa menyatu sama Will Smith yang jadi pengisi suaranya.

Film ini diawali dengan  Rara kecil dan berbadan gemuk, kulitnya hitam dan rambut keriting. Jauh dari label cantik masa kini. Benar-benar berbanding terbalik. Tapi Rara punya Ayah yang selalu mendukung dan menerima dia. Kurasa inilah yang membuat Rara tetap bisa tumbuh menjadi gadis yang kuat dan cuek dengan paras yang dibilang ‘tidak cantik’. Berkat dukungan dan ajaran hidup dari sang Ayah. Rara tetap bertahan dengan sikap ibunya yang ingin dia cantik seperti adiknya, Lulu.

Masalah pertama yang dihadirkan dalam film ini adalah kematian sang Ayah. Rara dan keluarganya pindah rumah dan tanpa sosok ayah, Rara harus belajar untuk menjadi lebih kuat dan mandir
Rara yang sudah dewasa bekerja di sebuah perusahaan kosmetik bagian RnD. Di perusahaan Rara tetap bisa menjalankan pekerjaannya dengan senang bersama sahabatnya Fey. Setidaknya dia masih bisa bertahan dengan cara orang-orang menilai penampilan fisiknya.



Tapi masalah kedua datang, Rara harus bersaing dengan rekan kerjanya yang cantik. Perusahaan tidak bisa menaikkan jabatan Rara karena penampilannya yang tidak cantik. Tidak bisa merepresentasikan perusahaan kosmetik yang harusnya karyawannya juga berpenampilan oke.

Kilmaks maslaah dimulai ketika Rara berusaha keras mengubah penampilannya.

Film Imperfect tidak hanya menunjukkan masalah Rara sebagai tokoh centre. Mengikuti bagian demi bagian dalam film ini, penonton diajak untuk melihat realita yang sederhana tapi sering terabaikan. Rasa insecure, minder, merasa kurang itu ada pada setiap orang. Rara yang ingin cantik, adiknya Lulu yang meski cantik tapi insecure sama komentar netizen, Boy William yang insecure dengan jumlah follower, bos Rara yang merasa tidak dipercaya dengan ibunya, juga Dika. Bahkan peran berapa komika menunjukkan masing-masing orang punya kekurangan.

Kalau dilihat apa kurangnya, semua manusia punya daftar panjang kekurangan diri.

Puncak permasalahan ketika Rara ingin berubah adalah hubungan baiknya dengan Dika dan keluarganya justru berantakan. Fey bilang sama Rara, ketika kamu mati-matian mengejar apa yang selama ini kamu inginkan, kamu juga bisa kehilangan apa yang udah kamu punya. Ini terjadi pada Rara.

Sebelumnya Rara bahagia dengan kehidupannya. Punya pacar Dika yang sayang sama dia, calon ibu mertua yang baik, dan anak-anak jalanan yang juga dekat dengan Rara. Meski secara fisik Rara dianggap punya kekurangan, tapi Rara adalah sosok yang barhati baik. Itu kenapa Dika sayang banget sama Rara.

Film dengan tema gadis buruk rupa yang ingin cantik udah banyak lah ya. Kalian juga bisa menebak alur ceritanya. Tapi Film Imperfect ini bisa membuat penoton tidak bosan. Sisipan komedi yang segar dan porsinya pas, bikin penonton tertawa terbahak-bahak. Emosi kalian akan dibuat berubah-ubah dengan irama yang pas. Dari sedih tertawa, marah, tertawa hingga lega dan bahagia.

Selain kisah gadis buruk rupa, aku suka dengan selipan adegan rapat perusahaan. Saat bos Rara yang sudah putus asa punya ide untuk memanfaatkan rasa insecure setiap wanita. Memanfaatkan keinginan untuk cantik, lebih percaya diri, lebih disukai dan lainnya. Rasa kurang karena penampilan. Lalu menciptakan kosmetik yang seakan-akan menjadi dewa penolong. De-mi Pen-ju-a-lan.

Notice bagian ini. Menjadikanmu obyek marketing dear. Biar beli produk, meski mahal tapi bisa bikin cantik. Biar mahal tapi bisa bikin langsing. Bayangkan, kalau sumber kebahagiaan adalah semata kecantikan, terus kalau tua mau apa?

Kalau nonton film ini bisa jadi kamu juga mbatin:

“Ya kali kalau aku punya pacar kayak Dika bahagia hidupku. Masalahnya aku gendut dan jelek. Aku jadi gak menarik!"

Oke, hold on. Ambil nafas sejenak dan rileks..

Pertama, percayalah, Tuhan tidak menciptakanmu iseng biar bisa diledekin sama orang lain. Kamu mau meratap dan hidup terkurung penjara label kecantikan atau kamu mau jadi wanita kuat dengan menebar manfaat. Itu pilihan loh. Gak bisa kayak bikin avatar, pilih badan langsing, kulit putih rambut iklan sampho.

Tapi kamu bisa dan berhak memilih untuk hidup bahagia dan percaya diri.

Kalau kamu habis nonton film ini gak bisa mengubah insecure jadi bersyukur, nonton lagi deh. Bagaimana kehidupan setiap tokohnya. Coba lihat santuynya Neti dan komika-komika lainnya. Pada akhirnya, mereka bisa kok jadi cantik, sukses dan bahagia. Tanpa mengubah penampilan. Tapi mindset.

Sebelumnya, meski aku bilang reuni aku sendiri baru pertama kali nonton Star Wars. Yah, mon maap ya buat kalian para penggemar setia seri Saga ini. Aku gak tertarik dengan pedang neon warna-warni Star Wars sejak dulu. Sampai sekarang, hingga setelah nonton filmnya pun.

Film penutup yang kini dipegang sama Disney menggatikan Lucasfilm ini pendapatannya lebih banyak dari Frozen II, Knives Out, Ford and Ferrary dan Cat yang bakal tayang beberapa hari lagi. Terakhir lihat IMDb (27/12/2019) pendapatan kotornya mencapai 516 juta Dollar. Dua kali lipat dari biaya produksi.

Karena gak nonton serinya, aku gak begitu paham apa hubungan antar karakter dan peran mereka dalam film-film sebelumnya. Tapi kata CNN dan Guardian Star Wars: The Rise of Skywalker jadi ajang reuni. Tapi dengan porsi yang sedikit bagi tiap pemain pentingnya dan tempo yang cepat.




Perjalanan antar galaksi, perang, jelajah lagi, perang hingga adegan kurang penting antara Finn dan teman ceweknya membahas masa lalu mereka. Bagiku itu sisipan apa sih? Beberapa detik yang terkesan maksa di tengah pembagian porsi yang padet banget antar karakter. Terutama porsi Rose yang sempat dihitung hanya 78 detik. Padahal dia ini tokoh utama The Last Jedi.

The Rise of Skywalker menekankan pada kisah Rey dan Ren. Memang bagian paling menarik dari cepat dan banyaknya hubungan yang berkelindan dalam film ini adalah mereka berdua. Penonton bisa bernafas sejenak. Terbawa emosi dalam pertarungan keduanya menemukan jati diri. Banyak part untuk menjelaskan asal usul Rey dan hubungannya dengan Ren.

Digambarkan Rey ragu dengan dirinya sendiri dan takut akan menjadi jahat. Dia bahkan sempat kabur dan gak pengen kembali. Hingga akhirnya ketemu Luke Skywalker.

“Rey, never be afraid of who you are,” kata Leia. Kalimat ini langsung kucatat. Juga ajakan untuk pulang pada Ben di saat dia bertemu ayahnya. Usaha Rey menerima dirinya sendiri dan Ren yang akhirnya meninggalkan dark side membuat keduanya mengakhiri perang dengan sentuhan emosi yang dalam. Di tengah hiruk pikuk peperangan antar galaksi, pesan emosinya kuat banget. Betapa menerima diri sendiri bisa susah.

Selain itu, yang selalu mewarnai film aksi adalah hubungan pertemanan dan kekeluargaan yang kuat. “Good people will fight if we lead them,” kata Poe. Dari keadaan yang lemah dan berantakan setelah peperangan terakhir di The Last Jedi, perlahan kekuatan Resistance terbangun. Tumbuh seiring dengan membaiknya hubungan Rey dan Ren sebagai tokoh utama dan center film.

Secara keseluruhan, film ini bagus dengan efek yang luar biasa. Kamu bisa ikut merasakan getaran dari ledakan-ledakan dahsyat di kursi penonton. Juga turut gemas campur cemas pas tokoh-tokohnya berhadapan dengan musuh.


Suka outfit mereka

Note pribadi.

Aku suka banget sama bajunya Rey. Bagiku outfitnya Rey perfect! Baju putih gaya minimalis tapi tetep tampak cantik dan elegan. Celana yang panjangnya selutut dan atasan tanpa lengan.

Memudahkan pergerakan tapi cukup tertutup. Gak ada peruut terbuka yang seksi atau belahan dada. Tambahan mirip selendang dan hoody bikin bajunya Rey bagus banget deh. Suka bangeeet.
Karakter Babu Frik yang..’Whoa.. aku langsung suka’

Juga, sempat bertanya-tanya, kok mereka bebas banget sih pergi antar galaksi dan planet tanpa baju ruang angkasa?? Gampang banget perbaiki pesawat yang habis terbakar.

Yap, akhirnya.. film ini bagus. Terutama buat kamu yang lagi galau mencari jati diri dan gak tahu ke mana harus pulang. Hiya.. film akhir tahun berasa mau refleksi aja. Heuheu…..


Aksinya dapet, komedinya berhasil menghibur, dan petualangan seru. Lebih dari sekedar untuk memenuhi genre film aksi, komedi dan petualangan. Film kali ini juga menonjolkan kegelisahan dan konflik individu dari tokoh-tokohnya.

Berawal dari gambaran kehidupan Spencer. Seorang remaja yang sedang menempuh kuliah di kota besar. Ternyata dia tidak menjalani kehidupan yang menyenangkan. Suasana di kampus yang biasa saja dan pekerjaan yang menjemukan. Tipe-tipe anak yang pendiam, cupu dan harus bekerja partime untuk menambah biaya hidup.
Kehidupan kota sama sekali tidak membuatnya bahagia. Bahkan dia harus putus dengan pacar yang beneran disukai karena merasa hidupnya tidak memuaskan. Melihat pacarnya yang ‘tampak’ bahagia di media sosial membuat Spencer gelisah dan tidak percaya diri.

Jumanji The Next Level


Liburan tiba, dia pulang ke rumah dan berjanji bertemu sahabat-sahabatnya. Tiga orang yang bermain Jumanji : Welcome to the Jungle (2017) sebelumnya, Bethany, Fridge, dan Martha. Karena Spencer tidak kunjung datang, mereka bertiga memutuskan pergi ke rumahnya. Bukannya ketemu dengan Spencer, mereka justru menemukan gim Jumanji yang kembali dimainkan. Yak, Spencer memutuskan untuk bermain lagi.

Karena mereka adalah teman yang setia kawan, ketiganya berniat menyusul Spencer. Tapi gim Jumanji yang sudah rusak itu, membuat perjalanan ketiganya tidak semudah yang dibayangkan. Fridge dan Martha berhasil masuk. Tapi ternyata Eddie, kakek Spencer dan temannya Milo juga masuk ke dalam gim. Banyak tingkah lucu yang mereka lakukan. Bayangkan susahnya menjelaskan kalau mereka sedang berada di dalam gim dan bisa beneran mati kalau gagal. Dua nyawa sia-sia karena tingkah konyol dua kakek itu.

Penonton diajak untuk berpetualang ke daerah-daerah yang berbeda. Berawal dari hutan belantara berwarna hijau, bergulat dengan burung unta di padang pasir, menyeberangi tebing dan memanjat gunung es.

Bagian komedi cukup banyak dalam film ini. Bagiku justru lebih banyak daripada aksinya. Petualangan dan aksi di dalam filmnya jadi seru karena ada banyak komedi. Pertukaran avatar juga membuat film ini jadi lebih seru. Tapi bagian bertempur dengan musuh utamanya sedikit banget. Lebih lama scene menyelamatkan kuda kayaknya daripada melawan musuh utama.

Selama berpetualang di dalam dunia Jumanji, kakek Spencer, Eddie dan Milo berhasil menyelesaikan masalah pribadinya. Sebelumnya Eddie merasa marah dengan Milo. Merasa dikhianati ketika bisnis yang mereka bangun dijual oleh Milo. Bagi Eddie bisnis itu sama dengan anak yang harus dijaga hingga akhir. Tapi bagi Milo, dia merasa sudah cukup berbisnis dan ingin menikmati hidup tenang. Akhirnya keduanya bisa saling memaafkan. 

Jumanji 2019

Spencer dan Martha juga akhirnya pacaran lagi. Setalah Spencer mengakui rasa insecurenya dan Martha juga mengatakan kalau dia juga kadang tidak selalu bahagia seperti yang ditunjukkan di media sosial. Kegelisahan Spencer ketika menjadi dewasa dan Eddie yang selalu menggerutu menjadi orang tua dialami banyak orang. Sangat manusiawi.

Pada akhirnya, kita harus menerima bahwa waktu akan terus berjalan. Menjadi tua adalah keniscayaan. Menjadi dewasa juga penuh tantangan. Setiap fase harus dilalui dengan berani. Melakukan yang terbaik dan terus maju ke depan.

Hidup akan menjadi buruk kalau dihabiskan untuk menggerutu dan menyimpan amarah. Diri menjadi merasa bodoh dan tidak berharga ketika membandingkan dengan kehidupan orang lain. Apalagi di media sosial. Melihat banyak keberuntungan, kenyamanan, kemewahan dan kebahagiaan di media sosial yang penuh topeng.
Spencer ingin kembali menjadi berani dengan menjadi orang lain di dalam Jumanji. Padahal hanya perlu menerima diri sendiri. Ah, bukan hanya deng. Tidak semua orang bisa dengan muda menerima diri sendiri.
Film Darah daging dirilis oleh rumah produksi Skylar Pictures. Sebagai sutradara Sarjono Sutrisno memang sudah dikenal dengan film-film yang sarat emosi. Salah satunya adalah film Surat Kecil untuk Tuhan. Film ini sukses meraih penghargaan di dunia perfilman Indonesia.

Film Darah Daging juga seperti itu. Ditulis oleh Beby Hasibuan, penulis naskah Surat Kecil untuk Tuhan, film ini menceritakan tentang ikatan keluarga dari para pemainnya. Meskipun bergenre drama-laga, tapi bagiku film ini justru menonjol bagian dramanya.

Film ini berkisah tentang tiga kakak-beradik, yakni Arya (Ario Bayu), Rahmat (Rangga Nattra), dan Fikri (Arnold Leonard) yang merampok sebuah bank bersama beberapa temannya. Setelah beberapa menit berlalu baru diketahui, tindak kriminal ini dilakukan untuk membayar biaya operasi ibunda (Karina Soewandi).



Alur filmnya maju mundur. Berawal dari petemuan Salim (Donny Alamsyah), salah satu perampok yang dijatuhi hukuman mati dengan seorang penulis bernama Hana (Estelle Linden). Suasana penjara mengawali film Darah Daging. Penjara yang bersih dan sepi ditambah dengan seragam tahanan berwarna oranye yang tampak baru. Rasanya langsung membuatku sadar bahwa aku sedang menonton potongan adegan film.

Dari pertemuan ini, babak demi babak dalam film mulai berputar. Salim menceritakan kisah masa lalunya saat merampok bank serta bagaimana perasaannya saat itu.

Salim dan 4 kawannya merencanakan untuk merampok sebuah bank. Siapa mereka dan apa hubungan antara para pemain, diceritakan berurutan di dalam film. Cerita yang cukup panjang ini membuat film ini terasa lambat.

Tapi emosi setiap tokohnya bagus banget. Betapa mereka putus asa, sedih dan takut. Satu adegan yang paling aku ingat saat Arya baru saja menggadaikan sertifikat tanah dan mendapatkan uang. Dia menangis di pinggir jalan sembari memeluk uang yang diperoleh. Saat itu akting dan ekspresinya dapet banget.

Daripada tegang dengan adegan action, justru film ini lebih memainkan emosi penonton. Bagian actionya itu banyak yang kurang greget soalnya. Misalnya adegan tembak-tembakan dengan polisi di depan bank. Adegannya cukup lama tapi monoton. Cuma saling tembak-sembunyi-tembak-sembunyi, begitu terus. Bosan lama-lama lihatnya.

Lalu adegan pengejaran oleh polisi juga biasa saja.



Plot twist film ini tidak terduga. Kalau ternyata mereka bukan saudara kandung. Bahkan yang sedang mereka perjuangkan bukanlah ibu kandung. Aku jadi kembali memikirkan makna Darah Daging. Bahwa, untuk menjadi darah daging bukan hanya dari ikatan saudara kandung.

Film ini jadi pengingat apa arti rumah dan keluarga. Rumah adalah tempat di mana jiwa bisa pulang dan merasa nyaman. Tempat yang dirindukan dan di sana ada yang merindukan. Ada keluarga di rumah itu.

Lalu keluarga bukan melulu terdiri dari ibu dan ayah kandung atau saudara kandung. Orang-orang yang menerima kita dan selalu ada untuk kita, ya merekalah keluarga. Seperti Arya, Rahmat dan Fikri. Awalnya mereka tidak punya keluarga, hidup sebatang kara di jalanan. Setelah diadopsi, ketiganya jadi keluarga dan punya rumah.

Ending filmnya juga bagus, Hana, adik paling kecil dari ketiga kakak yang sudah meninggal hidup bahagia bersama sang Ibu. Karena paham bagaimana arti keluarga, Hana akhirnya membuat pant asuhan. Rumah bagi anak-anak yang hidup sebatang kara.

Film ini cocok banget ditonton bareng keluarga dan sahabat. Warm banget endingnya. Meskipun tetap ada adegan absurd tiga orang yang sudah meninggal itu lari-lari di padang ilalang dengan wajah bahagia. Yah, okelah buat menggambarkan kalau mereka bertiga akhirnya bahagia. Karena pengorbanan yang mereka lakukan tidak sia-sia.


Sebelum film Frozen II tayang, aku udah suka banget sama soundtracknya. Paling suka yang judulnya Unknown yang dibawakan Panic at The Disco. Rasanya lebih powerful. Selain lagu Unknown semua lagu Frozen bisa bikin kamu semangat dan pantang menyerah. Coba deh dengerin.

Di film kedua kali ini kental banget dengan kehidupan harmonis antara kakak dan adik yang saling mendukung. Elsa dan Anna emang punya dua karakter yang beda banget. Tapi keduanya saling menyayangi dan mendukung satu sama lain.


Dari mereka berdua kita bisa belajar cara menjadi saudara yang baik dan gimana membangun komunikasi. Elsa juga tampak menjadi seorang wanita yang tangguh. Seorang ratu yang bertanggung jawab. Kalau biasanya film Disney ada pangeran yang gagah berani, di sini tokoh Elsa gak perlu itu semua. Dia dengan berani menghadapi semua permasalahan.

Anna juga begitu. Meski gak punya kekuatan sihir, dia tetap berjuang untuk mendukung kakaknya dan menyelamatkan Hutan Ajaib.

Film ini diawali dengan kehidupan masa kecil Elsa dan Anna. Ketika kedua orang tua mereka masih hidup. Cerita tentang Hutan Ajaib menjadi salah satu pengantar tidur. Hingga akhirnya Raja dan Ratu meninggal ketika sedang berlayar.

Kehidupan Arendelle yang damai dan bahagia tiba-tiba berubah. Ketika Elsa terus-menerus mendengar suara misterius. Meski awalnya takut, akhirnya Elsa mengikuti dan percaya dengan kata hatinya.

Setiap orang pasti punya ketakutan untuk melakukan hal baru, untuk melakukan yang berbeda. Tapi Elsa membuktikan, ketika dia berani mengikuti kata hati dan berani bertanggung jawab, keajaiban datang.

Petualangan baru Elsa, Anna, Olaf, Kristoff, dan Sven kali ini lebih seru.  Udah tayang sejak 20 November 2019 lalu, film Frozen II jadi film hits di berbagai negara. Petualangan menyusuri Hutan Ajaib dan lautan yang dingin bikin film semua umur ini tetap cocok ditonton orang dewasa.

Perjuangan Elsa dan Anna menyelematkan Northuldra dan Arendelle mengungkap banyak misteri. Mulai dari penyebab kabut menyelimuti Hutan Ajaib dan roh alam marah, kisah kematian Raja dan Ratu, hingga sumber kekuatan Elsa.


Selain perjuangan ada banyak part-part lucu dari Olaf, Kristoff dan Sven. Yak, Olaf emang pembawa keceriaan dan kelucuan di film ini. Di film kedua, Olaf justru digambarkan sebagai manusia salju yang pintar dan cerdas. Tapi tetap konyol. Gak tahu deh kapan belajarnya dan di mana letak otaknya, Olaf punya banyak pengetahuan dan bahkan filosofis.

Karakter Elsa, Anna, dan Olaf berkembang pesat dan kuat banget di film kedua ini.

Selain itu, pesan untuk hidup harmonis dengan alam juga kental baanget. Ketika manusia berbuat jahat pada sesame dan alam, bisa menyebabkan ketidak seimbangan. Di film ini digambarkan para roh marah. Ada roh api, roh angin, roh tanah dan roh air. Tapi sebenarnya mereka baik kok.

Frozen II ini juga dihiasi dengan gambar animasi yang bagus banget! Baju-baju setiap tokohnya terasa hidup dan mewah. Apalagi pas Elsa mendapat gaun baru. Bagus banget deh! Efek sihir Elsa juga bagus.

Pokoknya, film Frozen II ini sayang banget dilewatkan.




 Kali pertama pergi ke Maison Daruma Roastery. Nama yang terasa gak asing lagi. Mengingatkan pada boneka khas Jepang yang udah hits banget. Boneka daruma yang gak bisa jatuh. Mungkin, pemilik cafe ini ingin Maison Daruma Roastery bisa tetap bangkit lagi ketika jatuh. Kalau Maison artinya rumah. Jadi Maison Daruma Roastery adalah rumah bagi boneka-boneka Daruma.

Heya… 

Maison Daruma Roastery terletak di jalan Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Mudah ditemukan kok, ada di Maps juga. Sebelum berganti nama jadi Maison Daruma Roastery, tempat ini dulunya bernama Coffee Roastery Blue Menoreh.

Dilihat dari bagian depan, Maison Daruma Roastery tampak seperti cafe biasa. Bangunannya dipenuhi dengan furniture kayu ala bangunan Jepang tradisonal. Bagian luar ada tempat untuk bersantai dan area bebas untuk merokok.

Bagian dalam yang lebih dingin jadi area bebas rokok. Kamu bisa menemukan banyak boneka Daruma berwarna merah di dalam. Juga para barista yang cakap meracik kopi pesananmu. Mereka ramah banget.

 
Cafe Maison Daruma Roastery

Masuk lagi ke bagian belakang nih, adalah tempat yang gak dimiliki sembarang cafe di Jogja. Ada karung-karung coklat berisi biji kopi, timbangan, ember-ember besar dan tentunya perlengkapan roasting yang canggih. Canggih banget malah, gak ada duanya di Jogja.

Mesin Sortir berdasarkan warna

Kami berkesempatan lihat langsung proses roasting kopi. Sekaligus mendapatkan pencerahan tentang setiap proses yang dilakukan. Buat aku yang awam ini, rasanya seneng banget. Baru pertama lihat proses roasting hingga beneran jadi biji kopi siap seduh.

Di Maison Daruma Roastery ini ada tiga mesin utama. Dua mesin sortir dari Jepang merk Satake dan satu mesin Roasting dari Italy merk Buhler. Mesin sortir Satake ini bisa memisahkan biji kopi dengan pengotor seperti batu, logam, dan benda-benda kecil lainnya. Mesin satunya untuk sortir biji kopi yang udah di roasting. Caranya dengan memindai setiap biji kopi dari warnanya.

Mesin Sortir Satake

Gak perlu lagi milih secara manual. Bisa bikin mata lelah letih lesu. Pakai mesin sortir Satake aja tinggal dimasukin trus nunggu biji kopinya keluar dari mesin.

Keren kan?

Paling keren itu alat buat roastingnya. Mesin bernama Buhler ini udah canggih banget. Serba otomatis deh. Tingga cek layar dan proses roasting akan berjalan dengan sendirinya. Mesin ini memberikan semua fasilitas unggulan untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi di Maison Daruma Roastery.

Mesin Roasting di Maison Daruma Roastery

Sekali roasting bisa mencapai 20 Kg dengan jangka waktu 5-10 menit. Berikut ini keunggulan mesin Buhler di Maison Daruma Roastery Coffee and Roastery:

Bahan mesin berkualitas

Mesin ini terbuat dari stainless steel dan bahan berkualitas tinggi lainnya yang memberikan hasil yang bersih.

Kontrol mesin layar sentuh

Semua proses yang akan dijalankan oleh mesin Buhler milik Daruma Roastery ini bisa dipantau lewat layar sentuh. Praktis banget gak usah seting secara manual. Tinggal klik aja deh.

Bisa simpan data

Proses roasting berhubungan dengan waktu, suhu, dan masih banyak lagi. Setiap orang bisa punya cara roasting yang beda. Kalau kamu udah sering roasting di sini, data atau resep roastingmu bisa disimpan. Tinggal klik kalau kamu datang lagi.

Sistem kontrol PLC yang inovatif dan mudah digunakan

Sistem ini memastikan kualitas konstan selama produksi. Jadi kalau udah dijalankan semua akan berjalan secara otomatis. Tapi misalnya ada yang mau diganti bisa diubah juga kok. Misalnya tiba-tiba mau ganti suhu yang digunakan. Tinggal bilang aja, bisa diganti.

Hasil yang seragam

Kipas pendingin dan mesin pemanas yang terpisah bisa bikin biji kopi yang diroasting seragam. Karena perpindahan panas yang homogen.

Bebas asap

Ada alat buat menyedot asap hasil roasting kopinya.
Deteksi kerusakan otomatis

Kalau ada bagian mesin yang rusak atau gak berjalan semestinya, nanti mesinnya bakal kasih kode. Eh.. kasih tahu. Jadi gak perlu bingung nyari di mana bagian yang rusak atau eror.

Maison Daruma Roastery

Siapa aja boleh roasting biji kopi di Maison Daruma Roastery ini. Dengan ketentuan:

Minimal roasting 7-10 Kg
Bisa membawa green bean sendiri. Tapi dengan harga yang sama dibandingkan dengan menggunakan green bean dari Maison Daruma Roastery. Tarif 20.000/Kg
Info lengkapnya bisa kirim email ke legendabumijogja@gmail.com dengan no telpon (0274) 5013925