Soft skill Bagi Saya Adalah Kemampuan Menjalani Hidup Sebagai Manusia


Catatan pribadi sebelum kelas ke-1 Softskill

Soft skill jika langsung diartikan dari kata pembentuknya saja akan mendapatkan kata lembut dan kemampuan. Bagi saya, soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu tapi keberadannya bisa lembut dan tidak kentara. Hal ini yang menyebabkan kadang soft skill menjadi terabaikan. Seseorang bisa memiliki nilai yang tinggi di sekolah, universitas maupun tes tertulis tapi nyatanya gagal dalam dunia kerja dan hubungan dengan masyarakat. Karena hanya mengejar yang tampak, hard skill yang selalu dinilai dan tampak di atas kertas sejak Sekolah Dasar.


Softskill (executivesecretary.com)


            Soft skill adalah kemampuan menjalani hidup sebagai manusia yang tercipta dengan perangkat emosi dan hati nurani. Contoh-contoh soft skill seperti kepemimpinan, komunikasi, memahami orang lain, beradaptasi, bekerja dalam tim, kreativitas dan masih banyak paket soft skill lainnya. Semata-mata adalah untuk mampu berhubungan baik dengan orang lain, lebih luas lagi berhubungan dengan makhluk lain dan alam. Hingga hubungan dengan Tuhan. Karena manusia tidak hanya hidup dengan manusia.

            Hard skill bisa dikuasi robot dan aneka peralatan canggih yang dibuat manusia. Menggunakan algoritma rumit, coding, atau apapun yang berhubungan dengan kecanggihan teknologi. Tapi soft skill akan sulit ditiru sepenuhnya dan itulah yang membedakan manusia dengan robot. Bagi saya, soft skill juga yang membuat hidup manusia bisa bahagia dan bermakna. Motivasi, fleksibel, terbuka, semangat, pandai bersyukur, dan ikhlas adalah soft skill.

            Dalam dunia bisnis soft skill menjadi penting karena harus berhubungan dengan orang lain, baik rekan kerja maupun konsumen. Berada di dalam lingkungan kerja dengan individu yang beragam dan banyak tuntutan lainnya. Bahkan, di jaman yang semakin bergerak cepat dengan arus informasi seperti air bah ini, soft skill memahami dan berinteraksi dengan konsumen sangat penting.

Orang mudah jenuh dengan rutinitas, sesuatu yang tersruktur, pekerjaan dan hal-hal lain yang melelahkan. Orang-orang yang berpotensi menjadi konsumen ini ingin dipahami, lebih senang dimengerti, lebih suka berhubungan dengan orang yang ramah dan punya soft skill berhubungan dengan manusia yang baik. Suasana kerja juga akan lebih menyenangkan kalau orang-orangnya baik juga saling menghargai.

Dalam dunia bisnis soft skill dibutuhkan dalam lingkungan kerja dan berhubungan dengan konsumen. Dalam kehidupan soft skill adalah seperangkat kemampuan, yah … untuk menjalani hidup yang hidup. Seperti manusia, bukan robot yang tidak sadar waktu berlalu dan hidup di dunia sudah sampai detik terakhir.

(Tulisan ini tidak mengacu referensi apapun, hanya opini saya saja)


No comments:

Post a Comment