Tulisan Terbaru

Mafahim Kehidupan



Materi Pertama Bab Finding Aqidah

Kalau belajar di FAST pertama-tama kita bakal belajar tentang Aqidah agar memiliki pemahaman yang benar dan pondasi yang kuat tentang Islam. Materi pertama adalah Mafahim Kehidupan yaitu memahami arti kehidupan ini dan apa saja yang terjadi di dalamnya. Kalau kita tahu bagaimana Allah SWT mengatur kehidupan, pasti kita terharu. Karena tidak ada yang dia inginkan kecuali kebaikan. Fokus perbaiki diri dan mensyukuri proses hidup yang terjadi.

Materi pertama yang diberikan adalah FAST model, cara manusia untuk mengubah kepribadian dan melihat kehidupan dari sudut pandang yang benar, pembentuk mafahim. Urutan FAST model tersebut adalah
  • Informasi
  • Pemikiran
  • Keyakinan
  • Tindakan
  • Kebiasaan
Jadi informasi yang kita peroleh sangatlah penting karena akan membentuk pemikiran, tingkah laku dan kebiasaan. Informasi yang salah dapat membawa kepada pemikiran yang salah. Di zaman media sosial dan arus informasi yang tidak bisa dibendung ini kita harus bisa memilah mana yang akan diserap dan diproses oleh otak. Mana yang bisa dipercaya dan mana yang tidak perlu digubris. Jangan sampai karena salah informasi kita memiliki keyakinan yang salah

Selanjutnya dibahas juga mengenai 3 Ideologi dan perbandingan antar ideologi tersebut. Ada Islam, Kapitalis (liberalisme, sekulerisme) dan Sosialis (materialisme). Sebagai umat muslim kita harus berdasar pada ideologi Islam yang bersumber pada Al Quran dan Hadis. Meskipun di dunia saat ini sangat sulit untuk menjalankan semuanya, setidaknya kita harus terus berusaha dan berhati-hati agar tetap berjalan di jalan yang benar.

Setelah memiliki ideologi yang benar, selanjutnya adalah memiliki tujuan hidup yang jelas. Ada tujuan jangka pendek, jangka panjang, dan akhirat. Tujuan jangka pendek hanya untuk sesaat saja, tujuan jangka panjang hanya sampai dunia, sedangkan tujuan akhirat adalah untuk kehidupan kekal setelah kematian. Apapun yang dilakukan adalah untuk kehidupan akhirat karena memang hidup di dunia hanya sementara saja.

Apakah kamu sudah memiliki konsep hidup? Apa yang akan dilakukan dalam hidup?
Jangan takut untuk bermimpi, manusia memang sangat terbatas tapi Allah SWT Maha Segalanya. Keajaiban timbul karena keyakinan. Bukankan Allah SWT sesuai dengan prasangkan hamba? Jika masih ragu atau bingung hidup ini mau apa, periksalah pemahaman tentang kehidupan, informasi apa yang setiap hari dijejalkan ke dalam pikiran dan ideologi apa yang dianut. Jangan sampai termasuk orang yang cinta dunia dan takut mati. Bukankah kematian adalah gerbang menuju kehidupan yang seharusnya lebih baik?

Syarat menjadi menjadi umat terbaik adalah mengajak kepada kebaikan, menghindari keburukan dan beriman kepada Allah SWT. Hidup yang sekali ini jangan hanya memikirkan diri, jadilah manusia yang bermanfaat. Sesama muslim kita harus bersatu padu membangun Indonesia agar menjadi lebih baik. Bukan sebaliknya, malah saling ejek dan menganggap diri sendiri benar.

Barang siapa (dari umatku) yang ketika bangun tidak memikirkan nasib umat, maka dia bukan umatku. *HR AHMAD



Islam adalah pembawa kabar baik, rahmatan lil alamin. Tugas kita bukan hanya beribadah tapi juga menebar kebaikan dan kasih sayang. Di negara yang memiliki sumber daya luar biasa dan mayoritas islam ini marilah kita bangkit. Lakukan hal baik sesuai dengan kapasitas masing-masing.

No comments