Tulisan Terbaru

Ngaji Asyik Kekinian Bareng FAST





Apa itu FAST? Dalam pertemuan pertama (KEY) Kelas Eksekutiv YukNgaji ini terlebih dahulu diberikan penjelasan singkat mengenai FAST yang ternyata merupakan singkatan dari Fastabiqul Khairat. Artinya berlomba-lombalah berbuat kebajikan, yang bisa ditemukan di dalam QS. Al Baqaroh: 148 dan Al Maa`idah: 48.  Bersama kita melakukan kebaikan apapun itu. Secara tidak sengaja pula FAST bisa menjadi sngkatan dari Fathonah, Amanah, Shidiq, Tablig. Tahu deh ya apa artinya.. Bagi member FAST juga disediakan aplikasi yang bisa membantu dan memandu penggunanya untuk terus mengerjakan dan meningkatkan ibadah secara rutin.

Pada sesi pembukaan kali ini belum disampaikan materi. Hanya perkenalan dan memberikan gambaran apa saja kegiatan KEY ke depannya. Intinya KEY merupakan tempat belajar yang asyik dan kekinian. Tempat di mana kita bisa mendapat teman hijrah dan penyemangat untuk berada di jalan kebenaran. Sebagai manusia wajar jika kadang iman tidak stabil dan mengalami penurunan. Dengan adanya teman yang mendampingi dan mengingatkan kita tidak akan jauh tersesat dan diliputi kegalauan. Kata pematerinya, lupa ya siapa namanya. Jikalau kebaikan dan keburukan diibaratkan Barat dan Timur, makan diri seseorang tidak bisa berada ditengah. Akan condong kepada salah satunya. Bisa ke baik atau buruk. Supaya selalu condong kepada kebaikan maka perlulah teman hijrah. Fungsinya untuk menjaga iman, mengingatkan kebaikan, dan menjadi teman dunia akhirat. Juga untuk menjaga hubungan baik antara sesama.

KEY ini isinya tidak hanya mendengarkan materi saja. Tapi juga ada acara Hang Out atau diskusi di luar dan main bareng. Main dan nongkrong sambil bahas agama kan seru juga tidak hanya membicarakan tetangga.

Meskipun kita bisa belajar dari buku, media sosial, youtube, tapi secara pribadi hadir langsungsung dalam sebuah majelis sangatlah penting. Kalau kata uztad Hanan Attaki nih tidak masalah jika materi yang disampaikan sama. Tapi satu hal penting yang bisa diperoleh jika duduk dalam majelis kebaikan. Apa itu? Doa malaikat… Juga bisa saling sapa dengan teman. Kan silaturahim itu penting juga.

Ada beberapa poin yang disampaikan dalam pembukaan KEY kali ini. Tapi entah pas itu aku malas nulis atau lagi melow, yang tertulis malah puisi yang terinspirasi dari materinya. Aku tulis saja puisinya deh.. Minggu depan ku catat baik-baik materinya..

Jalan Bahasa Tuhan Diterjemahkan
Agama
Adalah hadiah yang berharga
Begitu napas pertamaku
Berhembus di dunia
Hingga yang terakhir
Karena dari agama
Bahasa Tuhan kemudian diterjemahkan
Lewat kalam-kalam
Lewat utusan-utusan
Kepada hati yang belum mengerti

Oh iya.. tidak udah banyak-banyak memperdebatkan kitab suci itu fiksi atau bukan. Baca aja lah udah. hehe…

Rantai Kehidupan
Tidak ada makhluk yang bisa hidup sendiri
Semua saling terhubung
Dalam ikatan yang tidak terlihat
Sebab akibat
Menjadi rantai yang saling terhubung
Menciptakan kehidupan
Bersambung
Berpilin menjadi keniscayaan
Dan mungkin itulah bentuk takdir

Jadi ceritanya, karena tidak mungkin kita hidup sendiri makan menjalin hubungan baik dengan sesama itu penting. Berkawan dengan orang-orang baik itu juga penting.


Dunia memang tidak berharga
Hiruk pikuknya sering menyebalkan
Tapi bumi harus senantiasa dijaga
Kan khalifah


No comments