Tulisan Terbaru

Museum Seni Rupa dan Keramik

            Museum ini terletak di kawasan kota tua yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit dari stasiun kereta api kota (Beos) maupun terminal busway Jakarta Kota. Museum yang diresmikan pada tahun 1870 ini awalnya dipergunakan sebagai Lembaga Peradilan Tinggi Belanda atau Raad van Justitie, kemudian pada masa pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan Indonesia dijadikan sebagai asrama militer. Pada tahun 1968 hingga 1975 bangunan ini dipergunakan sebagai kantor Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta, kemudian pada tahun 1976 diresmikan menjadi Balai Seni Rupa oleh Presiden Suharto. Pada sayap kiri bangunan digunakan sebagai Museum Keramik yang diresmikan oleh Ali Sadikin pada 7 Juni 1997. Pada tahun 1990 Balai Seni Rupa dan Keramik digabung menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik.
Sesuai dengan namanya museum ini memiliki 2 jenis koleksi berupa koleksi seni rupa dan koleksi keramik. Koleksi seni rupa terdiri dari lukisan, sketsa, patung, dan totem kayu. Diantara koleksi-koleksi tersebut ada beberapa koleksi unggulan yang sangat penting bagi sejarah perkembangan seni rupa Indonesia, seperti lukisan Pengantin Revolusi karya Hendra Gunawan, Bupati Cianjur karya R. Saleh, Menyusui karya Dullah, dan Potret diri karya Affandi. Sementara koleksi keramik sekitar 8000 buah yang terdiri dari keramik lokal dan keramik asing.
Biaya masuk Museum ini relatif murah, cukup membayar 2000 untuk orang dewasa, 1000 untuk mahasiswa dan 600 untuk anak-anak (harga tahun 2011). Jika datang bersama roambongan maka akan lebih murah lagi. Museum ini buka pada hari Selasa hingga Sabtu dan tutup pada hari Senin dan hari besar.
Selain pameran karya seni, Museum Seni Rupa dan Keramik ini juga mempunya fasilitas perpustakaan yang berisi buku-buku yang relevan, toko cindera mata, studio gerabah dan sanggar melukis sebagai sarana edukasi berupa pelatihan pembuatan gerabah dan melukis yang terbuka untuk pelajar dan masyarakat umum.

Alamat Museum: Jl. Pos Kota No. 02 Jakarta Barat 11110
Telpn. +62 22-6907062
Fax +62 22-6926091


No comments