Tulisan Terbaru

Tenang dan Rasakan (Untuk Orang-Orang yang Sedang Risau)

Semakin bertambah usia masalah yang datang semakin complicated. Tentu saja, karena semakin dewasa manusia harus semakin bertambah hebat dan kuat. Seharusnya begitu. Tapi dijaman yang semakin bebas dan menghalalkan ke-alay-an, ke-lebay-an, ke-tidak adilan, ke-tidak jujuran dan hal-hal negatif lain yang dibenar-benarkan, hingga dipuja-puja sebagai gaya hidup, manusia justru bisa semakin melemah. Padahal dampak buruknya adalah merendahkan kualitas pribadi.

Dunia bisa saja semakin hiruk pikuk dengan kepentingan yang saling tumpang tindih, semakin semrawut dengan sistem yang yang tidak efektif dan efisien serta tidak dijalankan, semakin kejam dengan hukum yang yang tidak bisa membedakan benar dan salah, dan semakin sumpek dengan pikiran-pikiran kotor yang ada di kepala manusia. Belum lagi masalah yang berasal dari alam, pemanasan, menipisnya sumber daya dan kemunduran kualitas lingkungan. 

Sudahlah,, jangan memikirkan dunia dulu, apalagi masalahnya. Pusing seribu keliling dan tidak akan pernah habis. Disudut-sudut dunia ini Tuhan masih menciptakan orang-orang hebat dengan hati bersih dan tulus. Meskipun jumlahnya mungkin lebih sedikit, tapi kekuatan orang-orang baik itu bisa berkali-kali lipat besarnya dari pada perusak. Karena mereka bersama Tuhan. Semoga kita adalah salah satunya. Salah satu pribadi baik yang bisa dibanggakan Tuhan.. aamiin..

Bukan hanya dunia yang rumit. Tapi masalah dalam hidup juga semakin rumit. Harapan yang tinggi, keinginan yang belum tercapai, kegagalan, keluarga, cinta, sepi, terasing, bimbang, sedih, kecewa, lemah.. dan perasaan-perasaan lain yang mebuat hati dan pikiran berputar semakin cepat. Lalu tiba-tiba semuanya menjadi melelahkan dan membosankan. Apa yang harus dilakukan?

Cobalah untuk tenang.. ingatlah harapan-harapan dan keinginan yang masih belum tercapai dan terlihat sangat jauh. Masih ada cahaya di sana.. masih ada kesempatan,, masih ada peluang untuk maju. Setiap orang memiliki sumber kekuatan masing-masing. Bisa keluarga, orang-orang yang disayangi atau impian. Rasakan kekuatannya.. lakukan apa yang harus dilakukan, tinggalkan apa yang tidak perlu. Tegas. Apa yang kita inginkan bisa kita dapatkan dengan memulai dan terus melangkah apapun yang terjadi.

Bersemangatlah untuk terus maju, meraih mimpi. Juga tetap perduli pada apa yang ada disekitar. Selalu melakukan hal baik untuk diri sendiri dan lingkungan meskipun terlihat tidak berarti. Ketika kita sudah menjadi hebat, kita bisa melakukan hal penting untuk menyelesaikan satu masalah dunia. Tidak usah muluk-muluk untuk merubah dunia, ringankan saja satu masalahnya. Dan yang pertama selesaikan masalah pribadi.

Semangaat...^^ 

Apapun yang terjadi, hidup ini indah, karena hidup adalah anugerah. Itulah yang saya percayai.


(Terinspirasi ketika saya menikmati Canon in D Minor Bach pagi ini. Salah satu simfoni favorit. Yang lembut dan menenangkan, sembari memikirkan apa yang harus saya lakukan hari ini. Harus bersemangat.)

No comments