Kuliah di Belanda, di Universitas Leiden!

Belanda merupakan salah satu negara maju yang juga menjadi salah satu destinasi favorit mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah di berbagai jenjang, baik S-1, S-2, maupun S-3. Tidak hanya karena Belanda memiliki kedekatan dengan Indonesia melalui sejarah panjangnya di masa lalu, namun juga karena terdapat kampus-kampus top dunia dan kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat Negeri Kincir Angin ini menjadi magnet tersendiri.



Sistem pendidikan di Belanda

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Belanda, pastikan dan kenali dulu universitas dan program studi yang sesuai dengan minat kalian, juga yang tidak kalah pentingnya adalah memahami jenis dan tipe sistem pendidikan tinggi  yang ada di Belanda. Ada dua tipe sistem pendidikan di sana yatu:

  • Universitas Riset

Sesuai dengan nama jenis institusi pendidikan tinggi ini, sistem pendidikannya akan berfokus -pada penelitian-penelitian ilmiah. Universitas ini menawarkan program yang berorientasi riset di dalam sebuah lingkungan akademik.

Gelar yang akan yang ditawarkan dari jenis Universitas ini diantaranya Sarjana, Master, atau PhD. Walaupun penelitian ilmiah menjadi fokus utama, tapi bukan berarti karir nantinya hanya menjadi praktisi akademik,  tetapi tetap terbuka lebar untuk bisa menjadi pekerja profesional.

  • Universitas Ilmu Terapan

Universitas Ilmu Terapan akan menawarkan pendidikan kejuruan yang terfokus pada penerapan praktis dari seni hingga ilmu pengetahuan. Universitas jenis ini akan mempersiapkan para siswanya untuk berkarier dan siap terjun dalam dunia kerja. Jenjang pendidikan yang ditawarkan dari univeritas ilmu terapan ini adalah yaitu sarjana dan master.

 

Pertanyaan selanjutnya Universitas Leiden itu termasuk institusi pendidikan yang mana ya? Tentu saja, jawabannya adalah universitas riset. Mari kita kenali lebih dalam tentang universitas Leiden!

 

Universitas Leiden

 

Didirikan pada tahun 1575, merupakan salah satu universitas riset pertama di Belanda dan salah satu universitas paling bergengsi di dunia secara global . Universitas ini terus mempertahankan reputasi kelas dunia dalam bidang sains, humaniora, hukum, sosial, kedokteran dan program-program internasional lainnya.  Universitas Leiden tidak pernah berhenti berinovasi untuk terus memperkuat penelitian dan pengajarannya, oleh karena itu  universitas Leiden juga bekerja secara intensif dengan universitas mitra, yaitu Delft University of Technology dan Erasmus University Rotterdam, serta dengan universitas terkemuka di seluruh dunia.

Universitas Leiden memiliki tujuh fakultas dan lokasi kampus di dua kota yaitu  kota Leiden dan Den Haag. Bukan hanya kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh Universitas Leiden, tetapi kota yang aman dan keindahan yang penuh sejarah juga bisa menjadi alasan yang kuat untuk memilih kuliah di sini.

Kampus Leiden

Leiden adalah kota kanal indah yang terletak 13 km dari pantai yang menjadi tempat kelahiran Rembrandt.  Kota ini terletak sangat strategis, dimana  hanya 20-40 menit dari kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag, Rotterdam.

Di kota ini, kalian bisa menemukan fakultas hukum, humaniora, science, arkeologi, kedokteran dan juga perpustakaan Leiden yang terkenal memiliki koleksi lengkap tentang Asia.

Kota yang dikelilingi oleh kanal-kanal yang dibatasi oleh bangunan-bangunan abad ke-17 yang indah, museum-museum, menjadikan perpaduan untuk kuliah. Kalian bisa menikmati keindahan kotanya dengan bersepeda atau hanya dengan berjalan kaki setelah penat belajar.

Kampus Den Haag

Kampus kedua universitas Leiden, terletak di kota Den Haag.

Kampus ini sudah ada lebih dari 20 tahun dan menjadi bagian dari Universitas Leiden  bukan hanya menjadi bagian dari pendidikan tetapi juga sebagai pusat penelitian ilmiah. Terletak di empat gedung berbeda di pusat Den Haag, dengan menawarkan banyak program studi di berbagai bidang, diantaranya adalah bidang administrasi publik, hukum (internasional), keamanan, politik dan pemerintahan. Lokasi Wijnhaven, terletak di tengah pusat kota, adalah jantung Kampus Den Haag yang semarak dan sangat internasional.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program studi dan pendaftaran, jangan lupa kunjungi website kami.

Pastikan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum memulai melakukan pendaftaran dan wujukan impian kuliah di luar negeri, di universitas Leiden!

 

 

 




No comments:

Post a Comment