Tulisan Terbaru

Tes Kerja Di Pustaka Insan Madani

Sore hari ketika lagi ngobrol sama temen-temen volunteer Solo Science Center... tiba-tiba ada telpon masuk dan mengatakan bahwa aku mendapat undangan dari PT Insan Madani Jogja untuk tes Interview. Kembali mengingat surat lamaran yang ku kirim dan cek sent item email. Yaps lamaran aku kirim bulan November 2015 dan sekarang sudah Februari 2016. Cukup lama yah,,

Pustaka Insan Madani Jogja terletak di depan Bandara dan Stasiun Maguwo. Masuk gang sekitar 200 m. Mudah di akses dengan berbagai macam jenis kendaraan. Kesan pertama,, kantornya bersih dan sepi di bagian lobi. Interview pertama bersama HRD bernama Ibu Anna, beliau sangat ramah. Pertanyaannya masih general mengenai informasi pribadi. Setelah interview langsung diberitahukan besok tes praktek dan psikotes. Prakteknya Office,, Word dan Exel ditambah Corel. Dalam hati,,, "Apa?? Besok?? Lama nian aku tak pakai Exel... apalagi Corel.. What should i do in one night??"

Langsung tancap gas ke Solo. Calling temen-temen yang pinter pakai Exel dan Corel. Belajar sistem kebut semalam, baca dan download video tutorial. Merasa gaptek.. So for you guys that wish to entry a company or will graduate soon.. learn about office dan corel. Better if you get sertificate. Common skill yang aku abaikan...

Keesokan harinya...
Psikotes lengkap dari jam 08.00-12.00 mulai dari kepribadian, ketelitian, mengerjakan soal bahasa dan bangun sampai menggambar. Setelah itu tibalah waktunya tes praktek. And finaly... jawabanku g ada yg beres. Word dan corel gak selesai, exel gak ngerti kudu di apain. Psikotes aku yakin oke tapi prakteknya... deh.. aku aja malu ngumpulin jawabannya... kalau aku gagal itu adalah kewajaran yang nyata.

Tapi sebaliknya,, besoknya dapat telfon wawancara dengan user. Disuruh belajar SOP dan ISO. Hari senin wawancara dengan user dan HRD. Karena aku mendaftar sebagai asisten manager operaional yang berhubungan dengan dokumen dan ISO maka pertanyaannya juga mengenai Iso serta ketelitian, dan yang paling ditekankan adalah apakah aku tidak akan bosan? Dan benar-benar mau bekerja di tempat yang dasar ilmunya jauh berbeda?? Yah,, aku jawab dengan "Ya". Sorenya dapat tefon bnesok wawancara terakir. Wawamcara terakir ini hanya dengan user saja, Bapak Udin yang nantinya akan menjadi managerku. Wawancaranya singkat hanya meyakinkan beberapa hal saja serta nego gaji. Finaly aku diterima dan tanda tangan kontrak.

Yap,, beitulah perjalanan 4 hari tes kerjaku di PT Insan Madani.

 


13 comments:

  1. ka. boleh minta emailny ga?
    mau tanya soal pt insan madani

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Iya, sudah pernah. Tapi sekarang sdah resign

      Delete
    2. maaf kak mau tanya , sistem dan lingkungan kerja di pt itu bagaimana ?

      Delete
  3. mau tanya dong, gimana pengalaman kerja disana? suasana kerja dan gaji kalo boleh tau. terimakasih

    ReplyDelete
  4. apakah saja yang ditanya saat interview ? apakah ada kiat kiatnya ?

    ReplyDelete
  5. Kkka mau tanya. Klo editor matematika ditanya apa aja yaa? Kasih solusi.. makasih...

    ReplyDelete
  6. Kkka mau tanya. Klo editor matematika ditanya apa aja yaa? Kasih solusi.. makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahap awal masih seputar info dasar tentang diri, kalau sudah user nanti ya tentang pengalaman pekerjaan di bidang editorial dan apa yang kamu ketahui tentang perusahaan tersebut..

      Delete
    2. Kontrak brp taun kak ?

      Delete
  7. Alasan resign knapa kak? Dan dpet gaji brrapa?

    ReplyDelete