Tulisan Terbaru

PMB dan Makrab Mahasiswa Pascasarjana Biologi UGM 2016

Yosh…. Selamat datang mahasiswa baru pascasarjana Biologi UGM..


Sebelum memulai perkuliahan, ada acara Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Fakultas selama dua hari. Hari pertama ini diisi dengan materi ke Biologian serta belajar Hymne Gadjah Mada dan Hymne Biologi. Materi ke Biologian disampaikan oleh para dosen. Materi yang diberikan adalah motivasi untuk belajar dan berkarir di bidang biologi, penjelasan mata kuliah dan iklim perkuliahan, juga serba serbi prosedur akademik mulai dari semester pertama hingga pembuatan thesis kedepannya.


Semua Peserta


Perkenalan Dosen

Bapak Dekan Fakultas Biologi

Tim Paduan Suara KMP Biologi
Hari kedua, kita lebih mengenal setiap minat di Biologi. Ada Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Genetika dan Molekuler, dan Ekologi. Hari kedua ini kita full bersama kakak tingkat dari KMP Biologi. Setelah penjelasan mengenai minat, kami membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi dengan teman-teman dari minat yang sama. Berkonsultasi mengenai mata kuliah yang sebaiknya diambil, dosen pengampu, proyek dosen dan segala permasalahan lain mengenai minat yang diambil. Setelah berdiskusi ada tour de lab berkelompok. Kami berkunjung ke setiap lab yang ada di biologi kemudian perwakilan kelompok memberikan informasi yang diperoleh setelah tour de lab.


Materi Kebiologian
Sharing Minat
Panitia

Setelah dua hari acara full ruang, saatnya makrab ke dunia luar. Makrab 2016 ini dilaksanakan di Sembungan RT5 Bangunjiwo, Kasihan Bantul. Tempatnya di dekat pabrik gula Madukismo. Daerah sekitarnya adalah area makam Cina.
Day 1
Setelah hampir ¾ jam perjalanan menggunakan dua bus ukuran sedang, sampailah kami di sebuah pendopo besar yang dilengkapi dengan masjid. Yapz.. di pendapa inilah kita akan menginap dan melaksanakan semua agenda makrab. Disamping pendapa juga ada area kosong yang teduh, bisa digunakan untuk acara outdor. Sesi pertama ada materi yang disampaikan oleh dosen muda dari Fak. Teknik. Beliau menyampaikan kiat-kiat bagaimana menjadi mahasiswa pasca yang gaul dan kekinian. Bisa berprestasi, lulus tepat waktu dengan nilai memuaskan, mampu memberikan manfaat pada masyarakat dan yang sangat penting bisa menghasilkan jurnal-jurnal ilmiah yang berkualitas.

Setelah materi, acara dilanjutkan dengan beberapa games dan diskusi untuk pensi malam nanti..

Pendapa Tempat Makrab

Materi
Calon Ketua KMP.... mungkin...



Game translete bahasa. Karena yang ada di foto berasal dari pulau yang berbeda...

Merencanakan pensi nanti malam
 Sebelum pensi kita nobar dulu nih,, film documenter mengenai perburuan hewan laut yang semakin langka terutama hiu. Salah satu film dari Discovery Channel yang menggambarkan bagaimana keserakahan manusia yang tidak peduli terhadap kelestarian hiu. Yah.. masalah ekonomi tidak membutuhkan kritik semata, tapi solusi nyata memang. Acara nobar ini dilanjutkan dengan diskusi mengenai film tersebut.


Pensi



Day 2

Olahraga Dulu...
Ada pos-pos macam jelajah pramuka nih… sudah lama tidak melakukan kegiatan seperti ini.. berasa….. muda! ^^  memang masih muda sih kita.. hmm.. lebih muda lebih tepatnya..
Game 1, mengeluarkan bola dari dalam tabung penuh lubang, dengan mengisi tabung tersebut menggunakan air.
Setelah game pertama ini, ada sharing kira-kira kita mau masuk divisi apa ketika bergabung dengan KMP nanti.


Game 2, Entah apa namanya... kali ini kita bermain dengan holahop. Satu kelompok bergandengan tangan, kemudian holahop harus berjalan dari ujung ke ujung barisan kelompok. Setelah game 2 ada sesi sharing bakat atau hobi setiap peserta.



Game 3 menggunakan sebuah tissu. Tissu tersebut harus berpindah melalui setiap anggota kelompok tanpa menggunakan tangan dan harus terbang. Ada berbagai metode yang dilakukan setiap kelompok sesuai kreativitas masing-masing. Ada yang dilempar dengan kaki macam main bola, ada yang dilempar menggunakan mulut sambil duduk, dan kelompokku tissu tersebut dibuat bola dan dilempar menggunakan baju.


Kelompok 6


Game 4, estafet air menggunakan piring... sukses basah semua.. karena bukan ke dalam piring air dituang tapi ke badan sendiri atau badan teman. Lumayan jadi lebih seger karena saat itu cuaca sangat panas.



Game 5, semacam ngepet di siang bolong ini ya... soalnya satu kelompok ditugaskan menjaga nyala satu lilin sedangkan beberapa panitia menyerang dengan menyemprot air. Fighting siap grak dah...kelompokku berhasil mempertahankan nyala lilin dengan gerakan tim pelindung yang sigap-sigap anarkis..

Dua laki-laki siaga ini....



Ternyata....Cieee...


Peserta dan Panitia

No comments