Tulisan Terbaru

Pelatihan Jurnalistik LPDP Yogyakarta

Pelatihan jurnalistik ini diselenggarakan oleh Program Minat Literasi dari kepengurusan awardee UGM bertempat di Fakultas Ilmu Budaya. Salain minat Literasi ada juga minat tari dan olahraga yang dibentuk sebagai wadah para awardee untuk mengembangkan minat dan bakat masing-masing. Selain aktif dalam kegiatan sosial, tidak lupa kepengurusan UGM juga mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan akademik, salah satunya pelatihan jurnalistik ini.

Sebagai akademisi, kemampuan menulis adalah senjata untuk mengkomunikasikan ide dan berbagai ilmu. Setiap hari kita dituntut untuk menulis berbagai macam hal, mulai dari makalah, paper, dan jurnal ilmiah. Akan tetapi kemampuan menulis ilmiah juga harus diimbangi dengan kemampuan menulis jurnalistik yang lebih ringan dan mudah dipahami oleh masyarakat, seperti opini, artikel, dan essay. Tulisan-tulisan ilmiah dengan banyak kalimat asing dan metode yang njelimet itu sulit dipahami oleh khalayak umum dari disiplin ilmu yang berbeda.

Pemateri dalam pelatihan kali ini adalah Bapak Raja Napitupulu, beliau mengambil program Doktor dari PK 64. Beliau sudah berpengalaman dalam menulis berbagai macam berita untuk media lokal maupun nasional dan dengan senang hati mengajari kami agar mampu dan bersemangat untuk menulis. Selain memberikan motivasi untuk menulis beliau memberikan contoh bagaimana mengolah data, seperti data BPS atau hasil penelitian misalnya, menjadi deretan kalimat berita atau artikel yang mudah dipahami dan enak dibaca. Bukan lagi berupa deretan angka yang membosankan. Ditambah dengan judul yang memikat, dapat menarik perhatian pembaca.

Pak Raja mengatakan, bahwa kita semua memiliki hal dasar yang dibutuhkan untuk menulis. Kita terbiasa dengan kegiatan akademik, nilai TOEFL TPA dan IPK yang baik, jenjang pendidikan tinggi adalah basic yang sudah dimiliki. Jadi kita pasti bisa menghasilkan tulisan yang baik.

Selain memberikan materi hari ini, Pak Raja juga menawarkan pelatihan intensif bagi beberapa awardee yang beruntung. Di akhir pelatihan ada sesi praktek yang hasilnya akan dinilai langsung oleh beliau. Enam tulisan yang terpilih mendapatkan bingkisan berupa produk yang dihasilkan oleh mahasiswa UGM. Beberapa kriteria tulisan yang terpilih adalah  update, aktual, membahas isu terkini.



No comments