Tulisan Terbaru

Islamic Law Nasional Summit FH UI 2013



Berawal dari diskusi fia sms dan fb ubtuk membuat essay bertema HAM dalam perspektif Islam, kami berempat berangkat presentasi ke UI tanggal 27-29 Februari 2013. Sama sekali tidak menyangka akan lolos karena dari kami berempat tidak ada yang berasal dari fakultas Hukum. Aku dari MIPA, Adi dan Aya dari pertanian dan Arief dari FKIP. Setelah berusaha mencari dana ke fakultas dan pinjam SIM akhirnya kita berangkat menggunakan bus ekonomi ke Jakarta. Ini pertama kalinya aku naik bus ekonomi ketika perjalanan jauh. Fiyuh... kurang nyaman sebenarnya. Tapi karena keterbatasan dana dan kehabisan tiket kereta, hanya bus satu-satunya kendaraan yang memungkinkan. Itupun setelah perdebatan panjang tentang bagaimana kita akan berangkat ke UI.
Berangkat dari solo hari sabtu sore, sampai disana minggu pagi. Kami dijemput panitia hingga ke penginapan. Kami menginap di Pusat Studi Jepang sekamar dengan delegasi dari UNY. Hari pertama kami gunakan untuk istirahat dan membahas presentasi. Karena waktu yang mepet dan beberapa kesibukan yang harus diselesaikan sebelum berangkat, kami tidak sempat membuat presentasi. Padahal presentasi harus dalam bahasa Inggris. Malam harinya ada TM bersama delegasi yang sudah hadir.
Hari pertama ada opening ceremony di aula terapung di dekat perpustakaan UI. Acara dibuka dengan tari tradisional dan pemukulan gong. Setelah pembukaan, semua peserta mengikuti kuliah umum bersama Bapak Din Syamsudin dan Prof. Raihanah dari Universitas of Malaya Malaysia. Beliau berdua menyampaikan materi tentang Implementasi hukum Islam untuk menyelesaikan masalah nasional. Setelah kuliah umum yang menarik, acara selanjutnya adalah kunjungan ke Bursa Efek Indonesia. Disana kami menonton film tentang sejarah bursa efek dan berkunjung ke Galeri Bursa Efek. Seperti biasa, Jakarta selalu macet. Sehingga malam kami baru tiba di PSJ (Pusat Studi Jepang) UI.
Hari ke dua diawali dengan talk show dengan tema hukum pidana Islam dan presentasi. Semua peserta melakukan presentasi dengan baik. Semua tema yang mereka presentasikan menarik. Malam harinya dilanjutkan dengan beberapa permainan dengan peserta. Rasanya lelah sekali karena dua hari full. Dan keesokan harunya acara masih berlanjut.
Hari ketiga kunjungan ke Bank Syariah Mandiri. Bank Syariah Mandiri merupakan Bank Syariah terbesar. Kami disambut dengan sangat baik. Ada penyampaian materi tentang bank syariah dan tanya jawab. Aku tidak terlalu paham dengan bank syariah, karena di kampus aku tidak belajar tentanh hal-hal seperti itu. Tapi, lumayan untul menambah ilmu. Sorenya ada FGD. Seluruh peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil dan diminta untuk melakukan diskusi dengan tema yang telah ditentukan. Essay dalam bentuk bahasa Inggris. Hasil dari diskusi ini akan dijadikan prosiding bersama karya essay sebagai output dari ILNS FH UI. Malamnya ada upacara penutupan dan engumuman pemenang. Meskipun belum berkesempata untuk menang, tapi kami sudah mendapat pengalaman dan ilmu baru tentang hukum Islam. Terutama aku yang tidak mempelajari tentang hal itu. Benar-benar terasa asing sebelumnya.

2 comments:

  1. lama ga tahu kabarmu, pas buka fb (Februari 2013), muncul statusmu, dan kebanyakan isinya tentang UI, gara-gara itu aku sampai berpikir kamu pindah universitas ke UI, Dha. Ternyata tidak. (LOL)
    eh, di baris ketiga kan tertera tahun "2010"
    bukankah itu seharusnya tahun 2013 ya?

    ReplyDelete
  2. waduh,,, pindah UI,,, Mau juga sih, tapi bukan hukum yang pasti,, hehehe

    iya, salah ding,, buru2 buatnya,,

    ReplyDelete