Tulisan Terbaru

Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha 2

Pada pelatihan hari ke dua ini Minggu 15 Juni 2014, kita belajar tentang akses permodalan dan pemasaran. Akses permodalan dijelaskan oleh Bapak Sukarno dari BRI. Beliau menjelaskan bagaimana caranya agar kita dapat bermitra dengan Bank untuk mendapatkan modal serta jenis pinjaman apa yang cocok dengan usaha  kita. Di BRI sendiri adalah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan serta Kredit Usaha Rakyat. Untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana persayaratan yang harus dimiliki untuk melakukan pinjaman, kita tinggal datang ke bank dan meminta informasi. Salah satu hal yang sangat penting sebelum meminjam modal adalah kita harus tahu uangnya digunakan untuk apa, kesanggupan membayar, dan tahu persis aturan mainnya. Jangan sampai uang yang dipinjam salah sasaran, tidak mampu membayar dan akhirnya karena juga tidak tahu peraturannya justrus usaha kita hancur.

Materi ke dua adalah Managemen Pemasaran yang diberikan oleh Mbak Emi dari roti Ganep's. Hal yang sangat penting dalam usaha adalah pemasaran dan penjualan. Mbak Emi menjelaskan bagaimana kita harus memperlakukan konsumen, bagaimana menawarkan dan memasarkan produk, dan trik dalam menjual.

Intinya hari ini adalah bagaimana kita memperoleh modal untuk mengembangkan usaha dan bagaimana memasarkan produk yang dimiliki. ^^

No comments