Tulisan Terbaru

Proses Kreatif Content Writing

Setelah tulisan sebelumnya mengulas mengenai apa itu content writer beserta kewajiban yang harus dilakukan, tulisan kali ini membahas mengenai proses kreatif seorang content writer.

1. Perhatikan Gaya dan Teknik Penulisan Media Tujuan


Kalau bekerja pada perusahaan yang memiliki klien berbeda-beda biasanya setiap klien akan meminta model tulisan sesuai dengan keinginan mereka. Mulai dari jumlah kata, gaya bahasa formal atau santai, kata kunci yang harus digunakan, jumlah kata kunci dan lain sebagainya. Berbeda lagi jika kamu ingin mengirim tulisan untuk media tertentu. Mojok.co misalnya, tidak mungkin kamu mengirim tulisan dengan bahasa yang formal. Karena tahu sendiri bagaimana gaya penulis mojok yang santai-santai lucu nyeleneh itu. Jadi pelajari dulu media yang kamu tuju.

2. Kenali Target Pembaca dan Tujuan Tulisan

Gaya penulisan juga berhubungan dengan target pembaca yang dituju. Berdasar umur, tingkat ekonomi, gaya hidup dan lain sebagainya. Cara penyampaiannya harus disesuaikan, juga dengan tujuan tulisannya. Tulisan berupa ajakan, informatif, berita hangat dll. Misalnya jika target pembacanya adalah anak muda dengan tujuan soft selling produk, tentu menggunakan bahasa yang santai dan ringan namun informatif.

3. Tanggap Isu

Wajib bagi penulis untuk selalu update informasi ya.. ini adalah sebuah kewajiban yang HQQ kalau kata anak muda jaman now. Bisa jalan-jalan di Google Trends untuk melihat topik terkini. Tipsnya tulis saja topik yang masih di 5000 search. Agar masih banyak kemungkinan netijen mengakses isu tersebut. Kalau yang sudah lebih dari 5000 bahkan berjuta-juta kemungkinan isu tersebut sudah mengalami kejenuhan juga tinggi.

4. Menyampaikan Ide Secara Fokus

Kalau melihat media online dengan berita panjang orang suka males. Fokuskan ide tulisan pada 300-700 kata saja. Kecuali memang kamu menulis di platform yang mengulas secara rinci dan komprehensif sebuah isu.

Yap.. semoga bermanfaat...

Pelatihan How To Be Content Writer Bareng Ngelmu Press

No comments