Template Blog Mempengaruhi Rasa dan Suasana





Tema blog merupakan salah satu item blogger yang selalu menggelitik untuk di utak-atik. Awal bikin blog tentu saja pakai tema bawaan yang sederhana sekali. Berkembang menggunakan tema html gratisan yang bisa di dowload di web penyedia template. Berkembang lagi mulai belajar edit template buat bikin menu dan sub menu. Bisa lama ngeditnya ini, apalagi mengubah foto di template yang ada slide show fotonya. Selain tampilan tema bisa juga utak-atik tata letak. Di mana mau taruh menu, postingan popular, profile, hingga iklan.
Secara pribadi aku suka tema yang sederhana saja. Kebanyakan tema yang pernah aku pakai menggunakan tema tanaman atau warna biru. Karena suka saja dengan keduanya, toh blognya tidak spesifik seperti blog makanan atau teknologi. Kalau blognya spesifik bisa mencari tema yang sesuai dengan isinya. Supaya lebih pas rasa dan suasananya.

1. Responsive
Merupakan kemampuan template untuk menyesuaikan tampilan blog sesuai perangkat yang digunakan. Terutama di mobile device sehingga, artikel blog mudah untuk dibaca tanpa zoom. Kebanyakan template saat ini sudah memiliki fitur responsive ini. Setelah memasang template kamu bisa cek di gadget bagaimana tampilan template baru tersebut.
2. User Friendly
Saking banyaknya jenis template kadang kita jadi bingung memilih atau malah memilih template yang heboh dengan banyak gambar dan warna. Tulisan blognya justru tidak terlalu terlihat atau malah susah dibaca. Pilih saja template yang sederhana, elegan dan sesuai dengan tema tulisan. Buat pembaca merasa nyaman dengan tampilan template. Tidak harus yang mencolok dan banyak warna, atau banyak dipasangi dengan macam-macam fitur blog. Terlalu ramai juga justru kadang membingungkan pengunjung. Pasang iklan seperlunya saja apalagi untuk blog pribadi.

Di blog, juga ada banyak elemen yang dapat dikatakan sebagai navigasi, berikut diantaranya:
  • Menu bar
  • Widget recent post atau artikel terbaru
  • Widget popular post atau artikel terpopuler
  • Widget related post atau artikel terkait
  • Search box atau kotak pencarian
Atur tata letak menu-menu tersebut agar mudah ditemukan dan digunakan oleh pengunjung blog. Pasang saja yang sekiranya diperlukan.
3. SEO Friendly
Sangat penting untuk menunjang lalu lintas pengunjung blog. Kecepatan loading blog yang lambat akan membuat pemngunjung malas melanjutkan membuka situs, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

Jika kamu masih baru dalam dunia blogger memang dibutuhkan kesabaran untuk melakukan proses editing, terlebih untuk edit html yang berhubungan dengan script. Lelah mata rasanya, apalagi bukan anak IT, harus sabar. Lama-lama kamu juga bakal lancar dan menemukan desain tema yang sesuai dengan karakter tulisan dan blog. Akupun sudah tak terhitung lagi berapa kali ganti tema blog.. hehe…





No comments:

Post a Comment