Menulis Suka-Suka, Bermanfaat dan Bahagia


 Tema Day 2 Blogger Perempuan 30 Hari Menulis


Tema Tulisan

Brainy Quote



Kalau tulisan, aku menulis banyak hal. Terutama kalau berhubungan dengan kerjaan. Tulisannya sesuai dengan permintaan. Pernah sih mikir mau nulis tema tertentu, jangan terlalu random. Supaya lebih berkarakter dan spesifik, profesional tema tertentu. Tapi ya akhirnya masih random, hanya ada tema-tema prioritas ketika ada beberapa hal yang mau atau harus ditulis. Beberapa tema yang paling sering aku tulis adalah:
1.       Wisata dan Cerita Travelling
Terutama setelah jadi tim web dan narasi genpijogja.com, minimal sebulan sekali harus posting artikel tempat wisata. Tim narasi juga sering dapat tugas mengulas all about wisata. Misal GenPi ada kegiatan ya ditulis news dan featurenya, ada tugas liputan acara wisata, liputan dialog tentang wisata, yang jelas seputar wisata. Kalau wisata di luar Jogja, baru aku tulis di blog pribadi. Lebih santai dan sesuka hati.
2.       Teh
Salah satu menu di blog adalah Tentang Teh, karena aku suka ngeteh. Aku gak kuat pahitnya kopi, the saja.. hehe.. kamu suka mana?
3.       Puisi
Aku suka nulis puisi juga, apalagi pas lagi sendu, lagi galau, kangen, hujan di sore hari.. kan produktif. hehe
4.       Tema Islami
Kuberi nama Rahmatan Lil Alamin di blog. Tapi belum terurus dengan baik. Saking banyak yang mau ditulis. Isinya tentang islam yang damai-damai lah. Sejarah Islam yang mungkin banyak orang tidak tahu. Hal-hal sederhana yang sebenarnya bermakna untuk kehidupan sehari-hari.
5.       Lingkungan Hidup
Tulisan tentang lingkungan, macam zerowaste, plastik, keanekaragaman hayati dan isu-isu sejenis kutaruh di akun kompasiana. Salah satu cara biar tulisan blogku gak random-random amat.
6.       Pertanian
Tema ini juga masuk akun kompasiana. Selain itu masuk ke akun Sekolah Tani Muda, karena kebagian ngurusin web dan artikelnya juga.

Brainy Quote

Pengen juga nulis ringan-ringan kayak tips hidup sehat, tulisan berbau psikologi untuk anak-anak muda, tulisan viral gitu di akun hipwee atau sejenisnya. Tapi belum sempat. Masih wacanda.. wacana banyak bercanda… hehe..

Kamu bisa milih mau fokus pada tema tertentu atau random. Aku sih suka-suka aja. Pokoknya nulis kan biar bahagia, gak usah ribet-ribet, yang penting kerjaan kelar dulu, baru nulis suka-suka buat blogpribadi. Dibuat prioritas, ide dan gagasannya dicatet, ditabung pas gak ada ide bisa ditulis.


Image result for writing quotes
HobbyLark

No comments:

Post a Comment