Facebook Laju Digital Bentuk Kepedulian Terhadap UMKM dan Komunitas

Memberdayakan bisnis dan komunitas lokal di seluruh Indonesia dengan keterampilan digital guna membantu masyarakat berinteraksi secara sukses dan aman online.
Merupakan tagline ketika membuka situs https://www.facebook.com/business/m/community-boost-indonesia atau bisa disebut juga dengan Facebook Laju Digital Indonesia. Untuk memperkenalkan Facebook Laju Digital ini, pihak Facebook melakukan tur ke sejumlah kota di Indonesia seperti Goroontalo, Jakarta, Makassar, Surabaya, hingga di Yogyakarta pada tanggal 24 dan 25 Oktober 2018 lalu. Masih ada beberapa kota yang menjadi tujuan road show Facebook Laju Digital, kamu bisa mendaftar di Bandung, Medan, Manokwari dan NTB. Kampanye ini merupakan bagian dari kerjasama Facebook dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, serta Kementerian Koperasi dan UKM.



Dalam acara Facebook Laju Digital di Jogjakarta yang diselenggarakan di Hotel Alanna pihak Facebook memberika beberapa materi kepada komunitas seputar penggunaan internet dan facebook, dilanjutkan dengan cara membuat event di Facebook. Meskipun sudah banyak media sosial yang berkembang dan digunakan masyarakat, Facebook masih menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak sehingga dapat digunakan secara maksimal terutama untuk media bisnis. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan digital pelaku UKM dan komunitas hingga pemerintah di era digital dengan memanfaatkan media sosial. Pada kesempatan ini saya mengikuti sesi untuk komunitas. Ada banyak komunitas yang hadir diantarataranya masyarakat digital, GenPi Jogja, Local Guide Jogja, Blogger Jogja, beberapa UKM universitas, komunitas pembuat game dan yang bergerak di bidang sosial.


Ada juga kelas untuk UKM dengan materi yang berbeda. Facebook menggandeng para pelaku bisnis Yogyakarta yang mengisi kampanye ini di antaranya Yoyok Rubiantoro yang merupakan chairman Zetira.id, Rifki Ali Hamidi yang merupakan pendiri Busana Mandiri Corporation dan Rizki Akbar yang merupakan perintis idphotobook. Kampanye dan kelas untuk UKM dilakukan agar para pemilik UKM tersebut sadar tentang pentingnya pemasaran digital untuk bisnis mereka, serta bagaimana Facebook bisa digunakan untuk kepentingan marketing. Dalam kesempatan ini Facebook juga memperkenalkan facebook.com/blueprint yang berupa kursus online gratis untuk kepentingan bisnis terutama marketing. Banyak materi yang bisa kamu pilih mulai dari materi dasar untuk membangun eksistensi bisnis hingga metode untuk meningkatkan penjualan. Facebook juga menawarkan iklan sesuai dengan insights pemirsa akun kamu. Facebook juga terintegrasi dengan Instagram. Jadi semakin mempermudah menggabungkan keduanya.


No comments:

Post a Comment