Tulisan Terbaru

KKL Evolusi ke Museum Sangiran

Beberapa waktu lalu, kami satu kelas evolusi mengunjungi Museum Sangiran dengan bermodalkan motor dan uang minimal 5000 untuk bayar tiket. Jalan menuju ke sangiran mudah dihafal dari Solo, tapi yang tidak menyenangkan adalah keadaan jalan yang berlubang di banyak tempat, jadi pengendara motor mesti hati-hati. Tapi aku tenang-tenang saja karena dibonceng Irma. Terimakasih Irma ^^



Setibanya di sana, sama sekali diluar perkiraanku. Aku pikir bangunan Museumnya akan biasa-biasa saja seperti di Museum Manusia Purba yang pernah aku kunjungi di lain daerah. Ternyata bangunan Museum Sangiran masih baru, dengan arsitektur yang bagus, dan fasilitas yang lengkap. Bukan hanya ruang display yang menarik dan rapi, tapi juga ada ruang audio visual, pertemuan, lab, gudang penyimpanan, juga guest house. Museum yang indah, juga KKL yang menyenangkan karena tanpa Laporan. Terimakasih Pak Agung, yang selalu menyajikan kuliah dan tugas yang tidak membuat kepala puyeng.

Hasil utama yang didapatkan dari sana adalah foto. Itu pasti. Sedangkan ilmu tidak terlalu bertambah secara signifikan, tapi tetap bertambah. Disana kita berkeliling melihat koleksi dan mendapatkan penjelasan bagaimana perlakuan fosil yang baru ditemukan hingga akhirnya dapat disimpan. Terbayang, bahwa kehidupan yang aku jalani sekarang, abad 21 dengan peralatan yang jauh jauh lebih canggih dari jaman batu (so pasti), akan dianggap kuno beberapa puluh atau ratusan tahun yang akan datang. Hp, alat transportasi, elektronik, dan lain-lain mungkin akan sangat berubah, seiring berkembangnya pengetahuan dan daya pikir manusia. Orang-orang yang enggan menambah pengetahuan dan tidak mau berfikir ke depan akan dengan mudah terkena seleksi alam. Jika terkena seleksi alam, maka dengan sendirinya akan tersingkir, dikalahkan dengan orang-orang hebat. Sebagai manusi modern, kita harus bisa memaksimalkan penggunaan otak yang volumenya sudah bertambah berkali-kali lipat dari manusia purba, menjadi orang yang berpengetahuan luas dan update informasi.

Ruangan Lab untuk membersikan, identifikasi, dan pengawetan fosil

Gudang Penyimpanan 


No comments