Tulisan Terbaru

CPNS Part Three Psikotes

Tyas menjadi teman perjalanan dalam menempuh psikotes ini. Setelah perundingan beberapa saat memilih transportasi dan Tyas selalu berbaik hati terserah aja mau naik kereta atau bus akhirnya kami memilih berangkat menggunakan bus. Sampai di Jakarta kami langsung menuju tempat pembelian tiket bus untuk pulang ke Solo. Tapi bus yang menuju kota Solo berangkat pukul 14.00 sedangkan jadwal tes hingga jam tiga Sore. Akhirnya kami berjalan ke Indomart yang letaknya sekitar 100 m untuk membeli tiket kereta, dan ternyata Indomart lagi eror sistem penjualan tiketnya. Untung saja di samping Indomart biasa ada Alfamart yang setia menemani, akhirnya dapat tiket kereta jam 22.00. Kembali ke Gatot Subroto dan memesan kamar untuk satu hari.

Kami berangkat pukul 06.00 ke LIPI, mampir dulu ke tempat makan. Perut kenyang siap menjalani psikotes. Ada beberapa model tes. Pertama adalah tes kemampuan intelegent. Berisi soal-soal gambar, bahasa dan hitungan sederhana. Untuk mengerjakan soal seperti ini dengan baik diperlukan latihan soal. Kedua adalah soal kepribadian. Ada dua pilihan jawaban dan tugas kita hanya memilih salah satu. Ada sekitar 200 soal dengan waktu yang terbatas, sehingga jangan lama galau milih yang sesuai, cepet aja ngerjainnya. Setelah berkutat dengan soal pilihan, giliran tes Kraeplin yang muncul, untuk mengerjakan soal seperti ini harus tetep tenang dan berkonsetrasi, jangan sampai karena ingin dapat banyak malah jadi gak konsen dan jawabannya pada salah. Tenang aja..
Terakhir yang paling menyenangkan adalah sesi Drawing Tes, Disuruh gambar orang, pohon, dan mengisi 8 kotak. Bagaimana tipsnya bisa dicari sendiri ya di internet, ada banyak tinggal latihan aja. Jangan modal nekat deh kalau ngerjain psikotes. Kerjakan sebaik mungkin dan gambarkan bahwa kamu memang mau bekerja dan cocok untuk pekerjaan yang kamu pilih, karena gak ada jawaban benar dan salah, yang ada sesuai gak sih kamu sama keinginan orang yang akan memperkerjakan kamu.

Setelah selesai psikotes aku dan Tyas siap-siap menuju stasiun Senin. Tapi sebelumnya numpang istirahat dulu di tempat temennya Mbak Danti. Berangkat ke Senin setelah sholat magrib dan makan. Tapiii... ampun deh,, perjalanan yang seharusnya hanya satu jam berubah jadi tiga jam. Sore hari adalah jam macet dan Busway penuh sesak dengan berbagai macam tipe penumpang. Tips ya kalau mau perjalanan pakai Busway hindari jam sibuk karena bakal lamaaa banget kalau macet dan padat penumpang, apalagi jalur Busway itu lebih panjang ketimbang pakai Taxi atau kendaraan pribadi, tapi lebih murah memang. Kalau kira-kira bakal macet berangkat lebih cepat.

No comments