Buat Para Ladies Jadilah Kuat Bukan Jahat


Habis nonton film Imperfect kemaren terus dikasih stiker sama eSJe bertuliskan “Perempuan Merdeka” jadi pengen sharing cerita. Mozaik yang masih nempel diingatanku sampek sekarang. Tapi bersyukur bukan jadi memori yang membebani. Jadi cerita unik masa lalu. Berkontribusi dalam membentuk aku yang sekarang.

Kamu juga bisa, jadi wanita kuat.

Dulu aku sempat jadi korban bully dan ejekan teman-teman.
Hiyaaaa… dramatis kan?

Pas masih SD dan SMP, masih ingat banget aku sampek sekarang. Gak cuma di sekolah bahkan di rumah juga. Kurang ajar benar anak-anak kucrit itu.

Pernah diganggu anak nakal di sekolah, anak cowok. Tahu lah ya gimana ngeselinnya diisengin. Hingga suatu hari dia, yang badannya lebih gede dan tinggi dari aku, dateng pas istirahat. Aku lagi main sama temen cewek di samping sekolah.

Waktu itu ada kayu berduri gitu kan, samping sekolah kebun. Kuambil, pura-pura aja mau kupukul. Aslinya sih aku gak suka berantem dan konfrontasi. Pas ketemu lagi, dia ngomong sesuatu, aku cuma menatap dan diem aja. Sejak itu aku gak ada ingatan lagi soal gangguan dia.

Terus bulan Ramadhan, aku juga frustasi sama anak cowok yang suka gangguin di masjid dan coret-coret buku Ramadhan.

Jadi ceritanya, kan tiap bulan Ramadhan tuh tugas wajibnya adalah minta tanda tangan di buku Ramadhan. Nah, tiap habis tarawih dan sholat subuh bukuku pasti di coret-coret. Dengan beragam kalimat ucapan salam dan entah apalagi aku sampek lupa. Ini bikin aku frustasi juga sampek gak berani ke masjid.

Masih ingat banget juga sempat sembunyi di rumah bude. Jadi masjid samping rumahku punya budhe sendiri. Dicariin sama anak-anak cowok bandel itu habis tarawih. Takut aku waktu itu. Sungguh. Sampek buku Ramadhanku penuh tip ex buat hapus tulisannya. Dapet surat cinta segala dan beragam kejadian menyebalkan lainnya.





Sejak kejadian waktu SD itu, aku mikir. Gak bisa nih diam saja. Aku harus melawan! Jadi wanita kuat! Hehe… Kalau mau melawan harus kuat donk. Jaman SD aku masih anak pendiam (ahem), takut gelapnya malam, belum kuat mental menghadapi anak nakal deh. Hehe..

Maka aku harus kuat secara fisik dan mental. Anak-anak yang gangguin aku pas Ramadhan itu kumarahin, kalau berani dekat-dekat kupukul, kulempar petasan. Entahlah apa lagi yang kulakukan saat itu untuk melawan.

Petasan adalah barang wajib punya pas Ramadhan btw. Ada kebiasaan habis subuh anak-anak yang pergi ke masjid itu gak pulang tapi juga gak ngaji. Jalan-jalan pagi donk sampek 2 Km keliling kampung. Bawaan wajibnya petasan sama korek api. Hiyehehe…

Sejak SD aku juga pakai strategi berteman dengan anak preman sekolah. Yah, bukan berteman baik sih, hanya menjaga hubungan baik. Ini kuterapkan sampek SMP. Anak-anak nakal itu jadinya gak pernah macem-macem dan minta uang sama aku. Ketika berinteraksi sama mereka pokoknya, sekali lagi aku gak boleh kelihatan lemah. Harus menunjukkan kalau kita setara dan gak perlu takut. Jadi wanita kuat dan mandiri.

Meski dalam hati ya ada takutnya tapi berhadapan dengan orang-orang yang sok dan menyebalkan itu harus punya bargaining power. Hem, gimana ya nyebutnya, punya hawa keberadaan yang kuat gitu deh. Jadi wanita kuat gitu. Hehe…

Nah, kayak gini harus dilatih. Fisik harus kuat mental juga dilatih. Kejadian yang menimpaku masih standar lah ya gak parah. Temen-temen nakal di lingkunganku juga gak terlalu kuat atau jahat. Lebih susah lagi pastinya jaman sekarang yang anak SD SMP aja bisa brutal.

Yah, mau gimanapun keadaannya, jadi kuat fisik dan mental itu penting. Carilah cara latihan dan metode yang sesuai.

Aku sendiri belajar self defense sederhana. Pernah belajar beladiri dulu, ya meski udah lupa sekarang tapi masih ingat lah cara nendang atau mukul orang dan mana titik lemahnya, belajar pakai senjata, koleksi menyimpan benda tajam, olahraga, dan menerapkan pola hidup sehat hingga sekarang. Jadi wanita kuat wanita hebat. (Halah.. malah slogan)

Jadilah wanita kuat bukan jahat.

Soal tinggi badan. Jangan dikira tinggi itu bebas bully. Big NO! Jadi tinggi di kelas itu gak luput dari ejekan dan penolakan.

Tapi yah, bodo amat. Sejak kecil aku udah belajar jalan lurus ala model. Aku dulu gak tahu dapat inspirasi darimana. Nonton runway juga gak pernah, pengen jadi model juga gak sih. Cuma asyik aja bisa jalan lurus ala wanita-wanita cantik. Padahal tontonanku Mak Lampir sama kartun. Buku bacaan Bobo sama Lima Sekawan.

Darimana kelakukan itu kudapat ya? Mungkin higherselfku membisikkan “Its ok dear, suatu saat kamu bakal jadi model beneran kok. Latihan sejak dini.” Ahahaha….. Atau emang narsis bawaan Leo.

Waktu SMA aku pengen banget jadi pasukan pengibar bendera nasional. Keren lah kelihatannya mbak dan mas cakep itu. Tapi aku gagal dua kali di tahap kabupaten karena terlalu kurus. Setengah mati aku naikin berat badan dan latihan. Bahkan di kosan jaman SMA dulu aku latihan sendiri. Tetep aja terlalu kurus dan gak seimbang antara tinggi dan berat. Huwee…


Ya gitulah sepenggal kisah masa lalu. Intinya, bagaimanapun keadaan kita, pasti ada lebih ada kurangnya. Pandai-pandai lihat peluang apa yang bisa dilakukan. Apa potensi diri sendiri.
Terus poin paling penting dari kisah ini, yang pengen aku sampaikan adalah jadilah wanita kuat ledies. Serius! Fisik dan mental.

Kuat fisik itu imbasnya juga kuat mental. Kagak cupu. Kalau ada yang berani macem-macem kita bisa membela diri. Kalau lemah ngomong aja susah, suara lirih, badan gemetar. Lah lemah letih lesu. Jadi sasaran empuk untuk dibully dan ditindas. Sayangi dirimu sendiri jangan mau diperlakukan buruk.

Kalau fisik kuat mental kuat, ada yang macem-macem wani misuh lah minimal. Wani gelut lebih oke. Ahaha….

Apa! Apa!


No comments:

Post a Comment