Tulisan Terbaru

Nganggur Gak Enak Sibuk Gak Enak

Tulisan kali ini di ilhami oleh dua orang teman. Sebut saja A dan B. A akhir-akhir ini sedang tidak memiliki banyak pekerjaan alias hidup dengan santai. Tapi justru, dia tidak terlalu suka dengan keadaan seperti itu. Ingin melakukan pekerjaan yang bermanfaat. Sangat membosankan hidup dengan tidak melakukan apa-apa setiap hari. Sedang B akhir-akhir ini sedang sangat sibuk dan banyak pekerjaan yang melelahkan dan banyak lembur. B mengeluhkan pekerjaan yang banyak tersebut. Sungguh keadaan yang berkebalikan. Sama juga dengan pengangguran yang sangat ingin bekerja tapi sulit sekali mencari pekerjaan sedangkan orang yang memiliki pekerjaan mengeluh terlalu sibuk.

Aku sendiri akan sangat bosan jika tidak ada kesibukan. Sejak SMP (karena waktu SD tidak ada ekstrakulikuler) aku selalu mengikuti kegiatan ekstra, hingga jenjang perkuliahan. Tapi, jika sangat sibuk kadang aku mulai mengeluh dan merasa terbebani. Melihat kisah kedua temanku itu, aku jadi berfikir, bukan ada tidaknya pekerjaan yang menjadi masalah. Tapi bagaimana menyikapi dan apa yang dilakukan. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan ketika ada waktu luang atau menganggur. Melakukan hobi yang tidak sempat dilakukan ketika sibuk, jalan-jalan, memasak dan membersihkan rumah, bermain bersama keluarga, membaca sambil menunggu, atau melakukan hal-hal yang tidak sempat dilakukan ketika sibuk. Sebaliknya, sibuk itu bukan untuk dikeluhkan, tapi dinikmati saja. Karena setiap pekerjaan yang dilakukan tidak akan sia-sia. Rajin dikantor membuat kita menjadi karyawan yang disukai, rajin mengerjakan tugas dan belajar membuat nilai semakin baik, rajin melakukan suatu pekerjaan tertentu meskipun semakin sulit akan membuat kita semakin profesional dan sebagainya.

Intinya, ketika sibuk ataupun menganggur, bukan mengeluh yang harus didahulukan. Tapi coba nikmati dengan melakukan hal positif. Mengeluh hanya akan menarik lebih banyak energi negatif yang akan semakin membebani dan menghilangkan semangat. Hidup itu penuh warna, dengan semua kesulitan dan kemudahannya. Tetap bersyukur dan hidup akan menjadi lebih baik..^^

No comments