Tulisan Terbaru

Seminggu Magang

Awalnya, tiga hari magang seperti sudah satu minggu. Lama. Karena belum tahu apa-apa, susah mencari makanan dan harus masak sendiri. Tapi setelah empat hari magang dan mulai terbiasa dengan situasi dan kondisi, rasanya jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Setiap pagi, jam 8 berangkat ke Puslit Biotek LIPI dan pulang sore. Kalau lembur bisa sampek sore banget. Para karyawan dan peneliti di sana semuanya baik dan membimbing kami dengan baik. Tidak sulit untuk beradaptasi.

Aku mengerjakan perbanyakan in Vitro Ubi Kayu asal Ambon dari tunas, di bawah bimbingan Ibu Sri Hartati dan juga bantuan mbak Wiena yang sangat baik. Senang sekali magang di LIPI. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di LIPI, yang aku sampaikan pada Tuhan adalah "Aku ingin magang dan bekerja di tempat ini." Menjadi peneliti, itu yang aku inginkan, impikan, dan pekerjaan yang aku cintai. Juga menjadi floris.

Ada beberapa orang yang juga magang di Biotek. Ada yang dari UNPAD dan yang baru datang setelah kami dari UGM. Setiap hari, tiga tempat yang pasti aku tuju. Lab yang isinya bahan-bahan, ruang LAF, dan lab kultur.





No comments