Tulisan Terbaru

Sensasi Menjadi Gembala Rusa di Ranca Upas

Ranca upas ini dekat sekali lokasinya dengan kawah putih. Biaya masuk Rp 15.000 per orang ditambah parkir Rp 3000. Kawasan hutan lindung yang luas ini banyak digunakan untuk camping. Jika tidak membawa peralatan camping pihak pengelola juga menyediakan sleeping bag dan tenda. Sayang tidak sempat merasakan tidur di bawah langit Ranca Upas. Sepertinya patut dicoba.








Selain bumi perkemahan, ada kolam dan arena bermain air untuk anak-anak. Di samping kolam ada penangkaran Rusa. Tidak ada tiket masuk tapi bayar untuk membeli makanan rusa. Ada Wortel Rp 10.000/ikat, Kangkung Rp 5000/ikat dan strawberry. Tidak harus per orang beli. Boleh beli satu ikat saja. Rusa-rusa di Ranca Upas semuanya jinak. Sepertinya mereka sudah terbiasa dengan manusia. Kata bapak pengawasnya, mereka sudah tidak perlu memberi makan. La wong tiap hari dikasih pengunjung. Waktu datang ke sana ada satu rusa yang diajak untuk foto preweeding. Memang, suasana padang rumput Ranca Upas yang luas dengan warna-warni hijau, kuning dan coklat membuat kita serasa di negeri koboi atau gembala rusa.




Ada juga arena panahan, kalau ini bayar lagi. Panahan dengan standar bow jarak dekat. Patut di coba untuk yang penasaran soal panahan. Ada kebun bunga mini yang bisa buat foto-foto. Tapi hati-hati ya, jangan merusak bunganya.


No comments