Tips Hidup Sehat Ala Kazebara

Day 12
 #BPN30DayChallenge2018

Ditulis dari beberapa hal yang masih berusaha aku jalankan. Berusaha untuk disiplin dan lebih telaten untuk menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Banyak godaan di luar sana yang membuat agenda hidup sehat berantakan dengan sempurna. Baik dari makanan tidak sehat yang nyatanya enak dan menggiurkan atau rasa malas untuk bergerak dan berolahraga alibi tidak punya cukup waktu luang untuk melakukan itu semua. Padahal satu jam di depan Youtube dan media sosial aja betah banget. Artinya bukan karena tidak ada waktu, hanya malas meluangkan waktu untuk itu.

Related image
Promosi Kesehatan - Kementerian Kesehatan

Olahraga Teratur

Banyak banget olahraga yang bisa dilakukan sesuai dengan rutinitas, budget, dan kesukaan kamu. Kalau aku suka senam, berenang, gym, atau olahraga ringan di kamar kos. Aku sedia dua barbel 2 Kg dan skipping (yang buat lompat tai). Di kosan juga bisa melakukan gerak tubuh sederhana. Aku termasuk gak terlalu suka jogging, karena bosan aja kalau lari monoton dan males harus keluar ke lapangan atau tempat lari yang jauh dari kosan dan banyak orang. Kalau senam, kosku tempat senam dan gym, renang ada referensi tempat yang sepi dan nyaman. Pokoknya latih badan terutama kaki, tangan, dan perut biar tetep rata. Hehehe….

Jaga Makan

Terserahlah mau pakai pola diet yang mana, jaga agar pola makan seimbang saja. Sederhana, tubuh butuh karbo, vitamin, mineral, serat dari beragai macam bahan makanan. Makannya harus seimbang antara makanan yang mengandung karbo, nabati dan hewani. Meski aku punya anugerah genetik susah gemuk, aku tetap menjaga pola makan. Apalagi aku suka makan, hehe.. aku tidak bisa hidup tanpa makanan manis, pun juga suka makanan bersantan dan berbumbu. Gak sehat semua kalau dipikir. Jadi ya aku tetap menjaga agar banyak makanan nabati yang masuk ke tubuh, selain itu aku lebih suka makan umbi atau nasi hitam/merah daripada nasi putih. Karena suka banget sama kue-kue dan es krim jadi aku sebisa mungkin menghindari minuman manis. Minumnya the tawar atau air putih saja, juga no soda-soda.Mending minum air putih wes daripada minuman botol rasa-rasa itu. Demi hemat asupan gula. Minimalisir makanan yang digoreng juga. Kalau masak sendiri kebanyakan aku rebus aja dan non MSG. Masak sendiri paling sehat lah pokoknya. Kamu bisa cari referensi pola diet yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Diet itu bukan berarti gak makan ya.. diet untuk mendapatkan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menenangkan Pikiran

Aktivitas seharian apalagi kalau padet banget bisa menguras banyak energi. Jadi luangkan waktu untuk menenagkan dan menjernihkan pikiran. Aku suka dengan mendengarkan musik atau meditasi singkat. Bisa juga pas waktu sholat dan berdoa. Sesuka kamu deh.

Usahakan Menggunakan Bahan dan Produk Alami

Kalau bisa buat sendiri atau menggunakan produk alami dan ramah lingkungan untuk keseluruhan aktivitas kamu. Mulai dari memilih skin care, perlengkapan mandi, camilan, bumbu, banyak hal. Produk-produk pabrikan banyak mengandung pengawet dan bahan tambahan yang gak sehat. Aku memulai dari skin care, kayak bikin masker sendiri dari bahan yang mudah di dapat, bikin pasta gigi, bikin sabun, beli produk alami lokal, banyak deh sekarang.


Di luar sana, selain polusi dan cuaca yang buruk, banyak makanan serta kebutuhan hidup yang dibuat secara instan. Itu mengandung bahan-bahan yang justru bisa mengendap dan gak baik untuk tubuh. Balik aja ke pola hidup sederhana dan alami. Ribet? Ya… karena butuh usaha dan ilmu lebih. Tapi bukan berarti gak bisa kan?

No comments:

Post a Comment