Tips Jitu Memulai Menjadi Blogger Ya Nulis Saja Sudah


Menjadi penulis adalah impian banyak orang, tapi tidak semuanya berhasil. Bukan karena tidak berbakat, tapi berawal dari menganggap bahwa menulis itu susah dan ribet. Berawal dari pikiran sendiri yang sudah ruwet, hasilnya jari jemari macet.



Saya sendiri adalah saksi hidup bahwa menulis adalah hasil dari jam terbang dan latihan, tidak peduli berbakat atau tidak, saya ingin menulis. Sejak sekolah dasar saya menulis buku harian hingga berjilid-jilid, buku-buku itu berakhir menjadi abu. Saya bakar ditahun 2017 karena tidak merasa aman menyimpan tulisan-tulisan rahasia. Kalau sekarang dipikir lagi sayang rasanya, tulisan-tulisan itu pasti menjadi lucu ketika dibaca saat ini. Yah.. kertas sudah menjadi abu. Dulu labil sih, sekarang… ya mirip lah.. hee.. (boleh mesem kan? mesem itu tersenyum dalam bahasa jawa)

Tahun 2009 saya mulai mengenal blog. Wah baru sadar, saya bisa ikutan chalenge yang hits itu, sepuluh tahun sudah. Jadi merasa wow sendiri. Senang saya bertahan sekian lama, heuheu… Waktu itu saya tidak memiliki konsep apapun dalam menulis. Hanya sekadar tempat untuk membagi cerita. Hingga sekarang beberapa kali mengikuti lomba blog belum pernah menang, penghasilan dari iklan blog juga tidak seberapa. Menjadi blogger memang masih jauh dari keuntungan materi. Wah.. kalau begitu menulis blog tidak ada gunanya ya? Katanya bisa dapat uang? Jangan salah, tetap menjadi blogger atau disebut dengan narablog dalam bahasa Indonesia tetap menghadirkan banyak hal baik dalam hidup saya. Ada banyak kok cerita sukses karena berawal dari menjadi blogger. Banyak sekali hal-hal ajaib yang terjadi dari mereka yang bertahan dan produktif. Blogwalking adalah kegiatan yang sangat bermanfaat.

Setelah sekian lama saya menjadi blogger, apakah sekarang saya menjadi blogger profesional? Tidak, sama seperti kamu yang sedang membaca tulisan ini, saya merasa biasa saja, kita sama-sama merasa biasa saja. Masih butuh banyak belajar dan lebih produktif. Saya bikin artikel ini juga awalnya bingung nulis apa. Disambi makan kerupuk, selingan dengerin musik, beribadah, ke kamar mandi, nulis lagi. Wah.. sudah 800 kata saja.

Dari sedikit pengalaman mengelola website dan menjadi blogger, saat ini saya menjadi pengelola 3 website komunitas, sekaligus menjadi kontributor dan editor tulisan. Tidak lain ya karena dalam komunitas tersebut memang jarang yang sudah terbiasa dengan blog dan web, apalagi menulis. Salah satu website yang saya kelola memang memberikan bayaran, untuk uang jajan. Itu hanya bonus saja, selebihnya yang saya syukuri adalah perasaan bahagia telah menjadi orang yang ada gunanya.

Brainy Quote

Dari kebiasaan menulis di blog lama-lama kemampuan menulis saya ada kemajuan. Menjadi freelance konten writer pernah juga. Liputan event dan tempat wisata yang harus segera setor tulisan bahkan saat event sedang berlangsung juga pernah. Membuat news dan press release kegiatan yang bahkan tidak saya ikuti juga pernah. Tiba-tiba dini hari mendapat pesan membuat news untuk tayang esok siang dari kegiatan yang sama sekali tidak saya ikuti juga pernah. Dalam keadaan seperti ini saya bermain kata dan data dari wawancara serta gambaran acara. Dari menulis blog kamu akan mendapatkan banyak kesempatan dan pengalaman. Konsisten saja sudah.

Hal yang paling saya syukuri setelah sekian lama berusaha konsisten menjadi blogger adalah kawan-kawan yang baik dan banyak kesempatan. Saya mulai bergabung dengan komunitas blogger di Jogja dan mendapatkan banyak kawan baru. Saling memberikan semangat untuk terus menulis, memberikan komentar, membuat dunia blogger saya tidak sepi sendiri. Senang loh kalau tulisan itu ada yang komentar, ya teman-teman blogger yang baik hati itu pelakunya. Setelah masuk komunitas mulai ada kegiatan liputan, makan gratis, nonton gratis, pelatihan, macam-macam saja kegiatannya. Bulan ini alhamdulillah bisa nonton dua film yang saya inginkan dan nonton sendratari yang saya idamkan dengan modal membuat tulisan di blog.

Dari menulis konten lama-lama belajar edit gambar sederhana, belajar SEO, sampai kecantol belajar digital marketing. Gratis semua, saya lihat biaya pelatihan-pelatihan macam itu bisa ratusan hingga jutaan. Bulan depan mulai training ibu-ibu tentang dunia digital, mulai dari yang sederhana macam membuat email, mengalir saja. Semua itu tidak membuat saya kaya dalam hal materi. Tapi membawa kebahagiaan dalam hidup. Banyak kesempatan belajar. Bertemu dengan orang-orang yang baik, membaca cerita dan artikel mereka yang menginspirasi, itu menyenangkan.

Jadi, ketika kamu ingin memulai menulis, masih ragu-ragu membuat blog, atau masih bingung blognya namanya apa, sudahlah. Segera buat saja dengan nama baik dan niat baik. Bingung mau nulis apa? Tulisan pertama isinya curhat tentang bingungnya kamu menulis juga tidak masalah kok. Kamu tidak sendiri, banyak orang yang keinginannya menjadi blogger baru sebatas keinginan di luar sana. Belum terealisasi. Bahkan yang sudah punya blogpun masih banyak yang tertatih, terseok, tersandung ini itu untuk tetap konsisten menulis. Ya saya sendiri ini contohnya.


Kalau kamu memang baru mau memulai, ya mulai saja sudah. Tips yang selalu saya berikan pada teman yang bertanya “Bagaimana caranya menulis?” ya nulis saja. Apapun yang terlintas di dalam pikiran. Jadi satu tulis lagi, jadi dua belajar membuat judul yang menarik, jadi tiga belajar membuat draft, jadi empat belajar mengenai angel tulisan, jadi lima belajar tentang jenis-jenis artikel, jadi enam sesekali blogwalking, jadi tujuh belajar edit-edit tema blog yang cantik ciamik sesuai selera, jadi delapan, sembilan, sepuluh… tahu-tahu sudah banyak saja tulisannya, sudah berkembang saja kemampuan ngeblognya. Iya kan? hehehe….

Tahun ini saya ingin mengembangkan beberapa blog dengan tema yang berbeda dan membuat buku, setidaknya puisi deh. Saya tidak tahu seberapa besar manfaatnya, hanya saja saya yakin energi baik ketika tulisan itu dibuat akan sampai pada pembaca. Materi, menjadi terkenal, viral, biarlah datang sendiri kalau memang tulisan saya layak untuk mendapat itu. Pokoknya tulis saja yang baik-baik. Yuk mari gaes.. cus..

Textbook & Academic Authors Association Blog


3 comments:

  1. Yang penting mulai, nanti lama-lama pasti ketemu bentuknya. Ya kan?

    ReplyDelete
  2. Yup, just write, segera tulis aja, editing kemudian.


    Salam Kenal, ya.

    ReplyDelete