Membuat Kopi Hidup Nyaman dan Memprosesnya Jadi Green Bean Berkualitas


Catatan Refleksi kelas ke-7 PIM

            Kelas ke-7 adalah pertama kalinya saya belajar mengenai proses budidaya dan pasca panen tanaman kopi. Baru membaca sekilas materinya sehari sebelum dan belum pernah melihat video proses pasca panen. Jadi selama kelas saya banyak mengandalkan imajinasi. Untuk semua alur pasca panen.

            Pembahasan pertama yang kami lakukan adalah masalah budidaya. Karena basic-nya saya belajar biologi dan juga belajar pertanian alami, saya lebih paham bagian ini. Bagaimana mempersiapkan lahan, mengatur jarak tanam, memberikan naungan, hingga perawatan dan akhirnya panen. Saya punya pohon kopi di rumah, letaknya di bawah pohon sengon. Saya kira kopi itu perlu banyak sinar matahari. Eh, ternyata sudah benar dia berada di bawah naungan. Padahal asal tanam saja di kebun belakang rumah. Saya benar-benar belum pernah belajar soal kopi.

Fathur, mahasiswa Polbangtan yang share pengetahuan sama kita


            Kenapa naungan itu penting? Karena asal mulanya tanaman kopi nyaman tinggal di hutan. Dia tidak suka sinar matahari penuh. Bisa membuat tingkat produktifitasnya rendah dan buahnya kurang berkualitas. Kecil dan cepat matang atau malah terbakar sinar matahari. Ini bisa dipahami, karena semua tumbuhan akan mempercepat proses pembuahan kalau tercekam. Sinar matahari yang terlalu banyak membuat tanaman kopi terancam dan mempercepat pemasakan buah. Semua tanaman tugas akhirnya adalah untuk berbuah dan meneruskan keturunan. Ketika merasa tercekam dan merasa bisa mati sewaktu-waktu mereka dengan segera berbunga dan berbuah agar bijinya bisa tumbuh di kemudian hari.

            Tanaman kopi perkebunan juga membutuhkan perawatan seperti pemupukan, penyiangan dan pemangkasan. Terutama yang ditanam dengan sistem monokultur. Apalagi kalau terkena hama, harus disemprot menggunakan pestisida baik organic mapun anorganik. Kami juga belajar mengenal silsilah kopi. Baru tahu ternyata Arabica itu adalah mutasi alami dari Robusta. Aku kira keduanya memang berasal dari spesies yang berbeda. Waw… sangat mind blowing … hehehe …

            Kami juga membuat timeline penanaman. Kapan harus menanam, perawatan hingga panen. Timeline ini penting sekali untuk menentukan apa saja yang akan dikerjakan dan membutuhkan perlengkapan apa. Supaya tidak ada yang terlewat dan semuanya tepat waktu. Kopi memiliki masa tanam dan cara bubidaya yang berbeda tergantung dengan jenis dan kebutuhan di penanam.

            Urusan budidaya selesai, masuk ke pengolahan pasca panen. Bagian yang masih harus saya ulik kembali secara mandiri. Agar bisa lebih mehami kopi. Kami berdiskusi dan mendapatkan materi mengenai proses basah dan kering. Proses basah dengan bantuan air dibagi menjadi dua Full Wash dan Semi Wash. Proses kering dibagi juga menjadi dua bagian ada natural dan honey. Pada semua prosesnya sama-sama membutuhkan fermentasi. Hanya sama di bagian wet process menggunakan bantuan air sedangkan dry process ya dikeringkan begitu saja.

            Perbedaan hasil yang mencolok adalah pada hasil rasa kopinya. Wet process menghasilkan kopi yang clean dan stabil. Prosesnya juga lebih rumit. Sampai saya menulis ini juga masih rancu kapan perambangan, mucilage, pembilasan dan sebagainya. Antara semi dan full wash masih suka terbalik-balik. Kalau natural dan honey prosesnya lebih mudah saya mengerti. Wong tinggal dikupas dan dikeringkan atau langsung dikeringkan. Cara ini menghasilkan kopi yang lebih kaya flavournya. Saya langsung suka dengan kopi natural process. Wangi dengan rasa nano-nano, sepertinya saya langsung jadi fans natural process. Sampai kos baru sadar, berarti kopi yang di kebun belakang pakai natutal process dong? Langusung dikeringkan lalu ditumbuk setelah kering. 

Pantes enak …. Hiyaaaa … langsung bangga. Wkwkwkw… setidaknya secara gak sadar menerapkan salah satu metode proses pasca panen.

No comments:

Post a Comment